'

Dinas Perkim Tanjungpinang Gelar Pelatihan Adiwiyata Bagi Pelajar SMP dan SMA

Dinas Perkim Tanjungpinang Gelar Pelatihan Adiwiyata Bagi Pelajar SMP dan SMA.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Kebersihan dan Pertamanan menggelar pelatihan Adiwiyata terhadap pelajar didaerah Kota Tanjungpinang selama tiga hari dari tanggal 6-8 April 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat (6/4) ini, di Hotel Comforta Tanjungpinang dihadiri pelajar tingkat SMP dan SMA yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang, Amrialis mengatakan, pelatihan Adiwiyata bertujuan mengenalkan kepada pelajar-pelajar tentang cara mengolah sampah di lingkungan sekitar.

“Dalam pelatihan ini nantinya akan diberikan penjelasan oleh pemateri bagaimana cara penanganan sampah yang baik dan juga menciptakan area taman yang indah di lingkungan sekolah, serta tentang kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Setelah melakukan pelatihan ini, sambung Amrialis, seluruh pelajar dibawa ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk mempraktekkan bagaimana cara mengelola sampah menjadi bahan yang berguna.

“Contohnya sampah diolah menjadi minyak, pupuk kompos dan sebagainya,” kata dia.

Selain para pelajar, Amrialis menyebut pelatihan yang dilakukan tidak dipungut biaya sepeserpun dari para pelajar yang menjadi peserta. Pihaknya juga mengajak para guru hingga kepala sekolah untuk turut hadir dalam pelatihan kali ini.

“Seluruh peserta tidak dikenakan biaya alias gratis. Kegiatan bersumber dari dana APBD,” ucapnya.

Amrialis berharap agar para pelajar pelajar lebih peduli lagi dengan lingkungannya, terutama lingkungan sekolah yang berkaitan dengan sampah dan keindahan taman.

Selain itu juga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar tentang arti pentingnya kebersihan lingkungan.

(M. Danu)

Baca juga :

Top