Dibuka Kolonel Laut (P) Dofir, Lanal Ranai Gelar Binwiltasla tahun 2021

LPP Gurindam web

Natuna, LintasKepri.com – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai secara resmi buka Pelatihan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut Tahun 2021 (BINWILTASLA TH. 2021) bertempat di Mess Tjiptadi Lanal Ranai Jln. Yos Soedarso No.1 Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna Provinsi Kepri pada Senin, (06/09/2021) siang.

Sebelum dilaksanakan pelatihan, seluruh peserta dicek kesehatannya terlebih dahulu dengan pengecekan suhu tubuh, setelah itu seluruh peserta dilaksanakan tes Rapid Antigen di Balai Pengobatan (BP) Lanal Ranai oleh tim kesehatan di pimpin langsung oleh Ka. BP Lanal Ranai Letda Laut (K) dr. Astaman. Setelah dinyatakan negatif dari Covid – 19, peserta baru boleh mengikuti Pelatihan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla).

Kegiatan Pelatihan Binwiltasla dilaksanakan selama dua hari berupa materi di dalam ruangan dan praktek di lapangan. Hari pertama dilaksanakan pembukaan di Aula Mess Tjiptadi Lanal Ranai dengan dihadiri Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Deny Everst haning, S.H., Pasintel Lanal Ranai Mayor Laut (P) Hotma M. Hutahaean S.H., Pasminlog Lanal Ranai Mayor Laut (T) Agung Wijayanto, AMd., Kabankesbangpol Drs. Ahmad Muhtar, M. Eng., Kasatres Narkoba Polres Natuna Ipda Ganda Turnip, S.H.,M.H., Perwakilan Damkar Syahbirin dan Saidir.

Pelatihan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut memang sangat penting bagi seluruh warga negara terutama bagibyang tinggal diwilayah yang berbatasan dengan negara tetangga untuk menumbuhkan karakter cinta akan tanah air Indonesia. Adapun materi yang diberikan pada saat Binwiltasla adalah Sosialisasi Undang-undang No. 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Pengetahuan Wawasan Kemaritiman, Radikalisme dan Narkoba, Pelajaran Kelautan dan Kemaritiman, Latihan PBB, Latihan Penanggulangan Kebakaran dan latihan PPGD (Penanggulangan Penderita Gawat Darurat).

Paspotmar Lanal Ranai Mayor Laut (T) Teuku Faidil Sulung, S.E. selaku ketua panitia Pelatihan Binwiltasla menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran, sikap mental dan disiplin serta prilaku para peserta agar menjadi pribadi yang berkarakter dan berjiwa nasional.

Sasaran kegiatan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut adalah para generasi muda yang berada di wilayah perbatasan yang memiliki perbatasan laut dengan negara-negara tetangga (Pulau terdepan).

Para peserta yg mengikuti Pelatihan Binwiltasla sebanyak 50 orang terdiri dari Saka Bahari, Mapala STAI Natuna, KNPI Natuna, Pemuda Pancasila dan Karang Taruna Desa Tanjung.

Dalam sambutannya Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir menyampaikan, pada kegiatan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut Tahun 2021 (Binwiltasla Th. 2021) hari ini masih dalam masa pandemi Covid – 19 yang telah berdampak pada tatanan kehidupan sosial bermasyarakat seperti yang kita semua rasakan. Oleh karena itu kita wajib mendukung kebijakan pemerintah dan melindungi diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid – 19.

Kegiatan Binwiltasla ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Satkowil-Satkowil TNI Angkatan Laut yang berbatasan dengan negara tetangga. Tujuan kegiatan Binwiltasla ini adalah meningkatkan dan menumbuh kembangkan kesadaran, disiplin dan sikap mental peserta agar menjadi warga negara Indonesia yang berkarakter dan berjiwa nasional. Dengan melibatkan generasi muda yang berdomisili diwilayah perbatasan Kabupaten Natuna.

Pada pelaksanaan kegiatan ini akan diberikan kegiatan berupa klasikal dan praktek. Materi-materi yang berkaitan dengan tujuan kegiatan akan di sampaikan oleh nara sumber yang berkompeten di bidangnya.

Kami berharap terjadi interaksi selama kegiatan berlangsung baik di kelas maupun kegiatan di lapangan sehingga tujuan yang di harapkan dapat tercapai dengan optimal. (Pen_Lanal Ranai)