Banner dprd kota

Dewan Jaring Aspirasi Karang Taruna Se-Kota Tanjungpinang

Anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang, M Syahrial SE saat menjaring aspirasi bersama Karang Taruna Kota Tanjungpinang, Jumat (1/2/2019).
Anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang, M Syahrial SE saat menjaring aspirasi bersama Karang Taruna Kota Tanjungpinang, Jumat (1/2).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang M Syahrial, SE menjaring aspirasi pemuda/i di Kota Tanjungpinang yang tergabung dalam Karang Taruna Se-Kota Tanjungpinang, di sebuah warung Tanjungpinang, Jumat (1/2/2019).

Dalam penjaringan aspirasi tersebut, Syahrial merangkum beberapa usulan dari materi dengar pendapat untuk terus mengembangkan Karang Taruna di Kota Tanjungpinang. Lebih kurang 814 pengurus Karang Taruna tingkat kelurahan, kecamatan dan kota mengitu reses tersebut.

“Ini dalam rangka selain menjaring aspirasi Karang Taruna juga memberikan arahan bahwa ada potensi yang pengembangan yang harus dikoordinasikan di tingkat kelurahan maupun pusat,” ungkap pria yang akrab disapa Yai ini.

Iyai mengutarakan, terdapat beberapa usulan yang disampaikan Karang Taruna Kota Tanjungpinang dalam pertemuan itu, diantaranya yakni, pelatihan untuk pemuda, pekan olahraga Karang Taruna, futsal dan bola volly, bulan bakti Karang Taruna, September dan Oktober 2019.

“Usulan program Karang Taruna ini kita tampung dan tentu akan kita perjuangkan,” ujarnya.

Selain usulan program kegiatan bersifat kegiatan, Karang Taruna Kota Tanjungpinang juga mengutarakan beberapa program sosial kemasyarakatan, diantaranya yakni, semisal pembersihan MCK di lingkungan masyarakat.

Syahrial juga memastikan agar Karang Taruna Tanjungpinang dapat berkoordinasi dengan perangkat pemerintah tingkat kelurahan, untuk memanfaatkan alokasi dana yang tersedia dengan sebaik baiknya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Tanjungpinang, Abdul Halim dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, Karang Taruna menyambut baik penjaringan aspirasi yang dilaksanakan M Syahrial.

Ia mengutarakan, beberapa poin penting yang dapat diambil dalam penjaringan itu yakni, memanfaatkan alokasi anggaran yang tersedia saat ini untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Karang Taruna.

“Meskipun ditahun ini anggaran yang tersedia di tingkat kelurahan masih untuk infrastruktur, akan tetapi Syahrial akan perjuangkan agar tidak hanya anggaran kelurahan untuk infrastruktur, tetapi untuk peningkatan SDM juga, ditambah lagi alokasi anggaran dari APBN,” ujarnya.

Kendati tak begitu mengharapkan anggaran yang tersedia di pemerintahan, Abdul Halim menekankan kepada pengurus Karang Taruna Tanjungpinang agar lebih dapat fokus mengembangkan keaktifan secara nandiri.

“Meskipun kita tau Karang Taruna adalah organisasi “plat merah” akan tetapi yang perlu disadari kita harus mandiri dan tidak “mengekor” pemerintah, meskipun kita tau Karang Taruna dibawah pembinanaan kepala daerah, camat dan lurah,” ungkapnya.

Diketahui pelaksanaan reses Anggota Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang, Syahrial bersama Karang Taruna Se-Kota Tanjungpinang itu dilaksanakan 1-4 Februari dan kemudian dilanjutkan 13 Februari 2019.

 

(PK)