Desa Seluan dan Kelarik Barat Bakal Mekar Kecamatan, Ini Respon Bupati

Masyarakat Seluan saat menyambut kedatangan  Bupati Natuna beserta rombongan di Desanya.

Masyarakat Seluan saat menyambut kedatangan Bupati Natuna beserta rombongan di Desanya.

Natuna, LintasKepri.com – Masyarakat dan Pemerintah Desa Seluan dan Desa Kelarik Barat, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna, Kepri, sangat menginginkan Desanya dimekarkan menjadi sebuah Kecamatan Baru, menyusul Suak Midai, Pulau Tiga Barat dan Bunguran Batubi, yang baru saja disahkan menjadi sebuah Kecamatan baru.

Keinginan masyarakat di dua Desa tersebut, tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, rentan kendali antara Kedua Desa tersebut dengan Pemerintah Kecamatan Bunguran Utara, cukup jauh dan terpisahkan oleh lautan. Sehingga layanan administrasi kependudukan dan hak masyarakat lainnya, sedikit terhambat.

Dengan dimekarkan menjadi sebuah Kecamatan tersendiri, tentunya kendala diatas akan dapat teratasi, dengan adanya layanan administrasi kependudukan yang lebih mudah, efisien dan efektif.

Belum lagi dari segi anggaran, tentu terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Yang nantinya juga secara otomatis akan terjadi pemerataan pembangunan disetiap sudut daerah terpencil di Natuna, seperti Seluan itu sendiri.

Menanggapi hal tersebut diatas, Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, menyambut baik keinginan masyarakat dan Pemerintah di Dua Desa tersebut, untuk menjadikan Desanya menjadi sebuah Kecamatan baru.

Bahkan Hamid berjanji dalam waktu dekat ini, akan segera mendatangkan tim survei pemekaran daerah dari salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Kota Tanjungpinang, untuk melakukan riset dan kajian ke Desa Seluan dan Kelarik Barat.

“Masalah pemekaran Kecamatan Seluan, saya pribadi sangat setuju. Karena nantinya bisa memperpendek rentan kendali, dalam layanan kepengurusan administrasi penduduk. Secepatnya saya akan datangkan orang dari Perguruan Tinggi di Tanjungpinang, untuk melakukan riset dan kajian,” ungkap Hamid Rizal, saat melakukan Safari Ramadhan 1439 Hijriyah, di Desa Seluan. Selasa (22/05/2018) malam.

Kata Hamid, Kajian tersebut meliputi kondisi geografis, luas wilayah, jumlah penduduk, penataan administrasi dan hal-hal lainnya yang diperlukan dalam pemekaran sebuah wilayah baru. Jika dalam Kajian tersebut nantinya Desa Seluan dan Desa Kelarik Barat dinilai layak mekar menjadi sebuah Kecamatan, pihaknya pun akan langsung membuat rekomendasi untuk pemekaran.

“Hasil laporan tersebut nantinya akan langsung saya rekomendasi, untuk kita ajukan ke DPRD sebagai rancangan usulan pemekaran, agar segera disetujui dan disahkan,” katanya.

Ia pun berjanji, bahwa selama ia masih memimpin Kabupaten Natuna, Desa Seluan dan Kelarik Barat pasti akan dimekarkan menjadi sebuah Kecamatan baru.

“Saya jamin, keinginan masyarakat ini pasti akan jadi pada jaman saya (Masa Pemerintahan Hamid-Ngesti, red),” janji Hamid.

Pada kegiatan Safari Ramadhan tersebut, Bupati Natuna juga menyerahkan bantuan pembinaan kepada pengurus Masjid Ar-Raja’a Seluan, sebesar Rp 3 juta dari Pemkab Natuna dan Rp 1 juta dari Bank Riau Kepri Cabang Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top