Danramil dan Babinsa Apel Tahunan di Makodim 0318/Natuna

LPP Gurindam web
Dandim 0318/Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal, S.Sos, saat memberi pencerahan kepada para Danramil dan Babinsa yang hadir dalam Apel tahun 2017.
Dandim 0318/Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal, S.Sos, saat memberi pencerahan kepada para Danramil dan Babinsa yang hadir dalam Apel tahun 2017.

Natuna, LintasKepri.com – Para Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang tersebar diwilayah tugas Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna, melaksanakan Apel tahunan.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol Inf. Yusuf Rizal, S.Sos itu, dilaksanakan di Aula Makodim 0318/Natuna, di Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur. Rabu (27/12/2017) pagi.

Dalam sambutannya Yusuf Rizal mengatakan, bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan aparat Kowil di tingkat Koramil jajaran Kodim 0318/Natuna.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan aparat Kowil di tingkat Koramil, khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksana Binter di tingkat Desa dan sebagai sarana informasi hasil rumusan pelaksanaan Apel Danrem Dandim terpusat tahun anggaran 2017, yang dilaksanakan di Secapa AD,” ujar Yusuf Rizal.

Yusuf Rizal menjelaskan, sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah pertama, meningkatnya kesiapan satuan dalam menghadapi permasalahan sosial di wilayahnya. Kedua, terwujudnya penguatan nilai dasar dan karakter Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak Binter di wilayah. Ketiga, meningkatnya wawasan para Danramil dan Babinsa dalam memetakan kerawanan dan menyelesaikan permasalahan atau konflik sosial yang aktual di wilayah binaan, khususnya menghadapi tahun politik. Keempat, Meningkatnya kemampuan dasar Apkowil dalam mencegah dan mendeteksi kemunculan suatu ancaman. Kelima, tercapainya koordinasi dan keterpaduan dengan instansi terkait dalam menyelenggarakan Binter. Keenam, meningkatnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

Perwira melati dua itu juga mengajak prajurit jajarannya, untuk tetap semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi Satuan, Negara, dan Bangsa Indonesia.

Apel yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari tersebut, mengambil tema “Melalui Kegiatan Apel Danramil – Babinsa Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Kowil Dalam Rangka Menghadapi Permasalahan Di Wilayah Binaan Melalui Pelaksanaan Binter Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI AD Ke Depan”.

Dihari pertama pelaksanaan Apel, para ujung tombak Binter ini dilanjutkan dengan pemberian materi dari instansi terkait, diantaranya dari Damkar, Bakesbangpolda dan BP3D Natuna.

Oleh : Erwin Prasetio