Danramil 04 Letung Turut Amankan Demo IRT di Anambas

Tampak Personil TNI, Polri dan Satpol PP saat mengamankan aksi unjuk rasa di Letung, Kabupaten Anambas.
Tampak Personil TNI, Polri dan Satpol PP saat mengamankan aksi unjuk rasa di Letung, Kabupaten Anambas.

Anambas, LintasKepri.com – Komandan Rayon Militer (Danramil) 04 Letung, Kapten (Inf) Janner Aruan, turut mengamankan demo yang berlangsung di Kelurahan Letung dan Desa Landak, Kecamatan Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pada Rabu (16/01/2018) siang.

Demo yang dilakukan oleh ratusan Ibu Rumah Tangga (IRT) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu, menuntut kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk memulangkan para wanita Pekerja Seks Komersial (PSK), yang bekerja di beberapa Tempat Hiburan Malam (THM) diwilayah tersebut.

“Kami minta tempat hiburan malam ditutup dan pekerjanya dipulangkan,” ujar salah seorang pendemo.

Dijelaskan Danramil 04 Letung Kapten (Inf) Janner Aruan, unjuk rasa berlangsung dengan aman dan damai. Kata dia, para ibu-ibu tersebut menuntut agar THM ditutup dan PSK dipulangkan ke kampung halamannya.

“Initinya dalam demo tersebut mereka menuntut, agar tempat-tempat hiburan malam ditutup dan meminta para PSK secepatnya dipulangkan ketempat asalnya,” terang Kapten (Inf) Janner Aruan, melalui rilis persnya.

Kata Kapten Janner, setelah melalui perundingan bersama Uspika, Waka Satpol PP Kabupaten Anambas, Dinas Terkait dan pemilik Cafe, ahirnya ditemukan kata sepakat, bahwa untuk sementara para PSK yang berjumlah sekitar 25 orang itu, ditampung di penginapan Miranti sambil menunggu proses pemulangan, dengan menggunakan Kapal milik Pelni.

“Rencananya para PSK tersebut akan dipulangkan ke tempat asal mereka masing-masing melalui jalur laut, menggunakan Kapal Bukit Raya pada hari Jum’at tanggal 18 Januari mendatang,” terang Janner.

Setelah mendapatkan kata sepakat, akhirnya para demonstrans membubarkan diri dan kembali kerumah mereka masing-masing, sekitar pukul 18:00 Wib.

Selain dari pihak TNI, pengamanan juga dilakukan oleh personel Kepolisian dan Satpol PP setempat.

Editor : Erwin Prasetio