'

Danramil 03/Sedanau Harap Gerakan Pramuka Jadi Penguat Keutuhan NKRI

Danramil 03/Sedanau, Kapten (Arm) Bambang Hendratno saat memberikan hadiah kepada salah seorang peserta Pramuka.

Danramil 03/Sedanau, Kapten (Arm) Bambang Hendratno saat memberikan hadiah kepada salah seorang peserta Pramuka.

Natuna, LintasKepri.com – Hari ini, Rabu 14 Agustus 2019, merupakan peringatan hari lahirnya gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) ke 58 tahun.

Gerakan Pramuka diyakini mampu menjadi salah satu cara untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Danramil 03/Sedanau, Kapten (Arm) Bambang Hendratno, saat menghadiri Upacara peringatan hari jadi Pramuka ke 58 tahun, yang digelar oleh Kwartir Ranting Kecamatan Bunguran Barat, di lapangan sepak bola Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Rabu (14/08/2019) pagi.

Babinsa Sedanau LP Manurung saat melakukan pembinaan kepada para siswa Pramuka.

Babinsa Sedanau Sertu LP Manurung saat melakukan pembinaan kepada para siswa Pramuka.

Kata Bambang Hendratno, Pramuka adalah sebuah gerakan yang bisa menangkal munculnya faham radikalisme dan sikap intoleran ditanah air.

“Pramuka adalah salah satu gerakan pemersatu bangsa. Negara kita adalah negara majemuk, yang memiliki banyak suku, bahasa, budaya, ras dan agama. Disitulah peran Pramuka untuk bisa menjaga keutuhan NKRI,” ujar Bambang Hendratno.

Danramil berharap, para pembina Pramuka bisa menanamkan rasa cinta terhadap tanah air, kepada para anak didiknya. Sehingga, para generasi penerus bangsa tersebut, dapat tumbuh dan berkembang, dengan rasa kesadaran akan segala perbedaan yang ada dibumi pertiwi ini.

Camat Bunguran Barat, Bukhary, saat menyampaikan amanatnya.

Camat Bunguran Barat, Bukhary, saat menyampaikan amanatnya.

“Pramuka adalah salah satu pendidikan non formal, yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Melalui pendidikan ini, kita bisa mengajarkan anak-anak tentang rasa cinta tanah air, bahaya radikalisme, bahaya narkoba, kenakalan remaja dan hal negatif lainnya. Karena mereka semua adalah calon-calon pemimpin bangsa ini kedepan,” tegasnya.

Upacara peringatan hari lahirnya Pramuka ke 58, yang mengangkat tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” itu, dipimpin langsung oleh Camat Bunguran Barat, Bukhary. Dan dihadiri oleh Kapolsek Bunguran Barat, yang diwakili oleh Aipda Simanjuntak, Danposal Sedanau yang diwakili oleh Kopda Bah Agus, Babinsa Sedanau Sertu LP Manurung, para Kepala Instansi dan Jawatan di Bunguran Barat, para Pembina Pramuka dan tamu undangan lainnya.

Para peserta upacara yang berjumlah sekitar 400 orang tersebut, merupakan para anggota Pramuka dari sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA se Kecamatan Bunguran Barat.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan sejumlah permainan dan perlombaan, bagi para siswa-siswi Pramuka se Kecamatan Bunguran Barat.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top