Lintas Kepri

Infromasi

Danlanal Ranai Pimpin Peresmian KBN di Desa Sabang Mawang Barat

Mei 15, 2023
Ket Foto : Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I, meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Sabang Mawang Barat
Ket Foto : Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I, meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Sabang Mawang Barat

 

NATUNA,Lintaskepri.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai mengikuti acara video conference peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak yang dipimpin langsung oleh wakil presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin yang terpusat di Pulau Untung Jawa Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Senin (15/05/2023)

Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak diikuti oleh 68 Satuan Komando Wilayah (Satkowil) di seluruh Indonesia, dengan tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL siap meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat maritim yang sejahtera.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Sabang Mawang Barat Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau yang di hadiri Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I, Perwira Staf Lanal Ranai, Dansatgas Marinir Natuna IV Mayor Mar Heri Supriyadi, Danposal Sabang Mawang Letda Laut (T) Andri Priyanto, Camat Pulau Tiga Idris, S. Sos, Kades Sabang Mawang Barat. Pipit Triyatul, S. Sos, Babinsa Sabang Mawang Serda Eko Sidik, Bhabinkamtibmas Sabang Mawang Bripka M. Dun, tokoh ulama Haji Tauran, S.Pd, tokoh masyarakat H. Zakaria CH, Guru Saung Pintar 262 Sabang Mawang Hanapi S.pd.

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa Kampung Bahari Nusantara diadakan tidak di Desa Sabang Mawang Barat saja, untuk program kedepan Lanal Ranai akan mendirikan Kampung Bahari Nusantara di Kampung Pian Tengah Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat.

Lebih lanjut, Danlanal Ranai menyampaikan untuk klaster pertahanan di wilayah Desa Sabang Mawang Barat cukup aman, karena adanya kerja sama aparat keamanan dan aparat pemerintahan yang terjalin dengan baik dan sudah banyak pangkalan – pangkalan militer di Kab. Natuna, serta adanya KRI – KRI yang patroli di Laut Natuna Utara yang saat bekal ulang logistik sandar di pelabuhan Sabang Bawang Barat.

Untuk klaster pendidikan Lanal Ranai melalui Posal Sabang Mawang telah mendirikan Saung Rumah Pintar untuk memfasilitasi tempat belajar mengajar tanpa dipungut biaya bagi anak – anak di Desa Sabang Mawang Barat Kec. Pulau Tiga dan sudah disiapkan 2 (dua) tenaga pengajarnya oleh Lanal Ranai.

Kemudian di sektor klaster ekonomi Lanal Ranai mengadakan kerjasama untuk mempromosikan produk lokal masyarakat melalui Primkopal untuk dipasarkan.

“Klaster wisata masih kurangnya wisata lokal dan khususnya wisatawan dari luar Ranai. Sehingga wisata yang ada saat ini belum berkembang sesuai yang diharapkan,”ujarnya.(Herry)

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *