Bupati Natuna : Selama KMP Bahtera Nusantara Masih Beroperasi, Akan Kita Pakai Selamanya

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, saat meninjau fasilitas KMP Bahtera Nusantara 01.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal meresmikan oprasi perdana KMP. Bahtera Nusantara 01, yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Payung Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. Juma’t (17/07/2020) pagi.

Adapun jalur yang akan dilintasi oleh KM. Bahtera Nusantara 01 tersebut antara lain, Tanjung Uban-Palmatak-Penagi Ranai-Serasan dan Sentete, Kalbar.

Dalam penyampaian Bupati Natuna, Hamid Rizal mengatakan, Natuna merupakan 99 persen laut, oleh sebab itu, masyarakatnya sangat membutuhkan alat transportasil laut.

Hamid Rizal juga berharap, semoga kapal tersebut dapat membantu masyrakat Natuna dalam melakukan aktifitas penyebrangan antar pulau dan bisa memajukan daerah.

Ritual tepung tawar merupakan salah satu bentuk do’a selamat yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kendati demikian, tidak terlepas dari pengawasan ketat oleh protokol kesehatan yang harus tetap dipatuhi, dalam berlangsungnya perjalanan pelayaran, demi menjaga agar tetap aman.

“Harus di cek sebelum masuk kapal, paling tidak suhunya, ini upaya menjaga keamanan,” kata Hamid.

Selain itu, Hamid juga meminta kepada petugas KMP. Bahtera Nusantara agar lebih ketat dalam penjagaan terkait narkoba.

Karena, lanjut Hamid, jalur laut merupakan salah satu jalur yang mudah untuk dijadikan pelaku untuk membawa barang tersebut.

“Kalau perlu kasih anjing pelacak,” pintanya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara dimulai.

Dirinya juga berharap, kepada masyarakat Natuna untuk menjaga fasilitas negara demi kepentingan bersama.

“Selagi KMP. Bahtera Nusantara masih beroperasi, akan kita pakai selamanya, karena sangat membantu kita dalam melintasi pulau ke pulau,” ujar Hamid.

Sementara itu salah seorang penumpang perdana yang berasal dari Anambas menuju Natuna, Afrizal (27) mengaku bahwa fasilitas yang tersedia didalam ruangan penumpang tersebut sangat bagus dan layak.

“Tidak kalah dengan kapal lain, bahkan kapal Bahtera Nusantara ini sangat memuaskan fasilitasnya, AC nya hidup,” terang Afrizal.

KMP Bahtera Nusantara 01 saat sandar perdana di Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Pria kelahiran Kecamatan Midai itu menambahkan, bahwa untuk harga tiket dari Anambas ke Natuna, sebesar Rp 120 ribu.

“Itu harga tiket sementara, mungkin masih harga promosi,” pungkasnya.

Giat tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Natuna Andes Putra, Pimpinan Forkopinda, Kepala OPD, Sahbandar, Pihak dari Kemenhub, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainnya. (Erwin)