Bupati Natuna Sampaikan 7 Usulan ke Menpora, Ini Dia !!

Suasana ramah tamah antara Pemda dan Masyarakat Natuna dengan Menpora RI.
Suasana ramah tamah antara Pemda dan Masyarakat Natuna dengan Menpora RI.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, bersama sejumlah stake holder melakukan ramah tamah dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Bertempat diruang rapat lantai II Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (02/03/2020) siang.

Dalam kesempatan itu, Hamid Rizal menyampaikan 7 (tujuh) usulan kepada Menpora RI. Diantaranya Pembangunan Stadion Sepak Bola sekaligus Lintasan Atletik, Pembangunan Stadion Kolam Renang (Aquatic), Peningkatan Gelanggang Olah Raga (GOR) Indoor, Pembangunan GOR Indoor untuk Tenis Lapangan dan Bulu Tangkis, Pengadaan Alat dan Perlengkapan Olahraga, Pembangunan Gedung Pemuda serta Pembangunan Bumi Perkemahan di Kabupaten Natuna.

Kata Hamid, segala usulan yang disampaikan merupakan langkah Pemerintah Daerah untuk menyambut Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2022, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Natuna.

“Tahun 2022 kita akan menjadi tuan rumah PORPROV. Kita ingin memiliki sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Memang Bapak Menpora sudah membantu bangun GOR, Alhamdulillah sudah siap,” sebut Hamid Rizal.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (kiri), saat menyampaikan beberapa hal kepada Menpora RI, Zainudin Awali.
Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (kiri), saat menyampaikan beberapa hal kepada Menpora RI, Zainudin Awali.

Hamid menyebutkan, sebelumnya pihaknya juga telah melayangkan surat kepada Kementerian terkait, tentang kekurang memadainya sarana dan prasarana olahraga di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, dalam rangka menyambut pekan olahraga akbar se Provinsi Kepri tahun 2022 mendatang.

“Mudah-mudahan ada anggaran lebih di Kementerian Bapak, sehingga kami bisa dibantu,” ungkap Hamid Rizal.

Sementara itu dalam sambutannya Menpora RI, Zainudin Amali mengatakan, bahwa sudah banyak perkembangan yang terjadi di daerah ujung utara NKRI tersebut. Untuk itu ia meminta agar Pemerintah Daerah dan Masyarakat Natuna dapat mengembangkan segala sesuatu yang telah ada di Daerah mereka.

“Saya sudah pernah datang ke Natuna. Sebagai daerah perbatasan, saya kira kian hari Natuna sudah banyak perkembangannya, dari apa yang sempat saya lihat sebelumnya,” kata Zainudin Awali.

Menpora RI beserta rombongan saat meninggalkan ruang rapat Kantor Bupati Natuna.
Menpora RI beserta rombongan saat meninggalkan ruang rapat Kantor Bupati Natuna.

Politisi Partai Golkar itu menyebutkan, bahwa hingga tahun 2024, Mempora RI telah menyusun program atas perintah Presiden RI, Joko Widodo. Dan semua program yang dijalankan nantinya harus memiliki output dan outcome untuk kesejahteraan masyarakat dan pemuda.

Untuk pemberdayaan para pemuda sendiri, kata Zainudin, pihaknya telah menyiapkan 2 program untuk mendorong kreatifitas, inovasi, mandiri dan berdaya saing serta pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda di Indonesia.

“Kita tidak mau para pemuda kita dalam menghadapi tantangan demokratif, tidak mempunyai kemampuan yang cukup. Saya rasa Pemda harus sudah menyiapkan itu, agar nanti bisa bekerjasama dengan kami dan Kementerian terkait lainnya,” tegas Zainudin.

Menpora memberikan contoh yang terjadi di Negara Jepang. Kata dia, negeri sakura telah menjadi pelopor bagi perkembangan technologi Dunia. Namun hebatnya, budaya asli dari warga negara tersebut tetap dapat dipertahankan, dan tidak tercabut dari akarnya.

Tampak Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menyambut kedatangan Menpora RI.
Tampak Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menyambut kedatangan Menpora RI.

“Kalau kita tidak bisa mengikuti perkembangan technologi, kita akan ketinggalan. Kita tidak bisa menutup diri dari informasi. Kita juga tidak bisa mengandalkan lagi sumberdaya alam, karena itu akan habis,” pesan Menpora.

Dalam lawatannya di daerah berjuluk mutiara diujung utara itu, Menpora RI juga menyempatkan diri untuk membuka secara resmi Open Turnamen Sepak Bola Galatama Cup Natuna 2020, di Lapangan Sepak Bola Sri Serindit, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur.

Dalam ramah tamah tersebut, turut hadir Ketua beserta sejumlah anggota DPRD Natuna, Sekda Natuna Wan Siswandi, para pimpinan OPD, FKPD, lintas Ormas, OKP, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio