Bupati di Kepri Akan Dilantik Secara Virtual, Sekda Ingatkan Daerah Kondisikan Internet

Gladi Kotor Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih di Kepri.

Kepri, LintasKepri.com – Akhir pekan ini, Pejabat Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro, dijadwalkan akan melantik 3 pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pemilihan secara virtual di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (26/2) mendatang.

Ketiga pasangan tersebut yaitu Muhamamad Nizar-Neko Wesha Pawelloy sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Abdul Haris-Wan Zuhendra sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, dan Apri Sujadi-Roby Kurniawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bintan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Arif Fadillah, menuturkan, pelantikan secara virtual itu merupakan yang perdana di lingkungan pemerintah provinsi. Pelantikan itu dilakukan sesuai petunjuk dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Karena pandemi, Mendagri mengirimkan surat ke kita perihal petunjuk dan pedoman pelantikan secara virtual,” katanya, Selasa (23/2).

Arif menjelaskan, dalam pelantikan secara virtual tersebut, pejabat yang melantik yakni Suhajar hadir di Gedung Daerah.

“Sedangkan pejabat yang dilantik (bupati dan wakil bupati) hadir secara virtual dari Ibukota Kabupaten masing-masing,” tutur dia.

Arif mengingatkan masing-masing pemerintah daerah dapat memastikan kondisi jaringan internet stabil sebagai penunjang pelantikan tersebut.

“Tolong kondisikan jaringan internet di daerah. Jangan sampai saat acara berlangsung, jaringan internetnya trouble (gangguan),” pesannya.

Selain itu, Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri untuk pelantikan Bupati Kepulauan Anambas dan Bintan saat ini sudah ada. Untuk SK pelantikan Bupati Lingga masih menunggu.

“Sekarang kita sedang menunggu SK untuk Bupati Lingga. Karena kemarin ada sengketa di Mahkamah Konstitusi. Jadi, kita terlambat mengirim ke Mendagri. Kita optimis SK Bupati Lingga keluar,” kata Arif.

(san)