Bupati dan Danlanal Ranai Sambut Taruna/i AAL Operasi Jalayudha

img-20181118-wa0008_1

Natuna, LintasKepri.com – Sebanyak 122 orang Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia, melakukan kunjungan ke Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ahad (18/11/2018) pagi.

Ratusan Taruna dan Taruni itu, datang ke daerah yang terletak di Laut Natuna Utara ini, dalam rangka Operasi Jalayudha tahun 2018.

Para calon Perwira dari TNI Angkatan Laut tersebut, tiba di Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) TNI AL di Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, dengan menumpangi KRI Abdul Halim Perdanakusuma (AHP) 355 dan KRI Teluk Banten 516.

img-20181118-wa0016_1

Kedatangan mereka di Faslabuh Selat Lampa, disambut langsung oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Ketua DPRD Natuna Yusripandi, Danlanud RSA Ranai Kolonel (Pnb) Prasetiya Halim, Dandim 0318/Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal, Danyon Komposit I/Gardapati Letkol (Inf) Ahmad Daud Harahap, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, para perwira dan prajurit TNI AL, Kades Sabang Mawang Barat Zakaria dan puluhan pelajar SMAN 1 Pulau Tiga.

Kedatangan rombongan disambut dengan tari persembahan dan pengalungan bunga, kepada Dansatlat Operasi Jalayudha Letkol Laut (P) Filda Malari, Komandan KRI AHP 355 Letkol Laut (P) Sumarji Bimoaji, Komandan KRI Teluk Banten 516 Letkol Laut (P) Dwi Yoga, serta 2 orang Perwakilan Taruna dan Taruni AAL.

Bupati, Danlanal Ranai serta tamu undangan lainnya juga menyempatkan diri untuk melakukan temu ramah bersama rombongan, di Geladak KRI Teluk Banten, sebelum akhirnya bertolak menuju Kota Ranai.

img-20181118-wa0012_1

Dalam keterangan Persnya, Dansatlat Operasi Jalayudha Letkol Laut (P) Filda Malari, menerangkan, bahwa Latihan Jalayudha tingkat IV ini, merupakan latihan terakhir bagi para Taruna dan Taruni AAL, sebelum mereka dilantik pada bulan Juli 2019 mendatang.

“Latihan bagaimana mereka (Taruna/i, red) dapat mengaplikasikan ilmu dan teori yang mereka dapatkan selama pendidikan, sebelum mereka dilantik,” kata Malari.

Kata Malari, dari 122 Taruna/i tersebut, 37 orang diantaranya yaitu Taruna Korp Pelaut, 23 Taruna Korp Teknik, 19 Korp Elektronika, 19 Taruna Korp Suplay dan 24 Taruna Korp Marinir.

img-20181118-wa0014_1_1

Ia menjelaskan, bahwa Operasi ini dilaksanakan selama satu bulan, yaitu dari mulai tanggal 1 November hingga 1 Desember 2018.

“Perjalanan kami mulai dari Surabaya, Lampung, Dumai, Natuna, Palembang dan kembali lagi ke Surabaya. Setelah tiba di Surabaya, mereka akan menajalani ujian komprehensif,” terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari di Kota Ranai, meliputi CC dengan Pemerintah Daerah dan FKPD Natuna, Promosi AAL ke sekolah-sekolah tingkat SLTA, Kirab dari Masjid Agung menuju Pantai Kencana dan Pagelaran Seni Budaya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top