Pemko Tpi

Buaya Sepanjang 3,5 Meter di Tanjungpinang Berhasil Ditangkap

Inilah buaya sepanjang 3,5 meter yang berhasil ditangkap di Tanjungpinang, Kamis (17/12).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Tim Damkar penanganan hewan buas Kota Tanjungpinang yang dibantu warga setempat, Kamis (17/12), berhasil menangkap seekor buaya dengan panjang 3,5 meter di Kampung Bangunsari RT 01/RW 10, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang, Hantoni, menuturkan, pihaknya mendapat laporan adanya buaya berukuran besar sekitar pukul 12.35 WIB dari Ketua RT 01, Ramono.

Tim Damkar Tanjungpinang yang memiliki teknik, keahlian, kualifikasi dan sertifikasi soal binatang buas berjumlah 7 orang langsung bergerak cepat menuju lokasi.

Sesampainya di lokasi buaya telah tersangkut di jaring yang dipasang oleh pemilik kolam.

“Buaya tersangkut perangkap jaring yang dipasang oleh pemilik kolam,” ujar Hantoni.

Sebelum ditangkap, Ketua RT menyampaikan kepada petugas ada seekor buaya tampak di dalam kolam penangkaran ikan milik warga, Walihin. Buaya juga kerap memangsa ternak warga

“Hewan buas ini kita tangkap hidup-hidup. Panjang 3,5 meter dengan berat sekitar 100 kg lebih,” tutur Hantoni.

Tim Damkar penanganan hewan buas Kota Tanjungpinang yang dibantu warga setempat, Kamis (17/12), berhasil menangkap seekor buaya dengan panjang 3,5 meter di Kampung Bangunsari RT 01/RW 10, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang.

Hantoni menjelaskan, warga mengalami kerugian kisaran 2 kuintal ikan patin dan lele berkurang 10 ribu ekor lebih yang habis dimangsa oleh buaya.

“Warga resah karena ikan patin dan lele di kolam selalu berkurang setiap hari,” ungkapnya.

Buaya berhasil dievakuasi dari lokasi sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara, buaya langsung dibawa ke Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tanjungpinang.

“Hewan ini akan kita lepaskan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk,” tutup Hantoni.

(cho/dar)