Natuna  

BST dari Kemensos RI Telah Tersalurkan untuk Warga Tanjungpinang Kepri

Warga Kota Tanjungpinang saat mengambil BST di Kantor Pos setempat (foto net)
Warga Kota Tanjungpinang saat mengambil BST di Kantor Pos setempat (foto net)

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mulai disalurkan untuk warga Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) setempat.

Penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang tercatat dalam DTKS, non BPNT dan non PKH.

Jumlah penerima BST Kota Tanjungpinang yang disalurkan melalui PT. Pos Tanjungpinang sebanyak 1.528 KK, Bank Rakyat Indonesia (BRI) 192 KK, dan Bank Negara Indonesia (BNI) 217 KK.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Riawati menjelaskan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Tanjungpinang sesuai Kepmensos No.19/HUK/2020 sebanyak 11.051 KK.

Data ini dijadikan dasar Kemensos untuk menetapkan jumlah penerima BST di Tanjungpinang.

Jumlah penerima manfaat BST yang disalurkan melalui PT. Pos sebanyak 1.528. Selain itu, penyaluran dilakukan melalui perbankan lewat BRI sebabyak 192 KK dan BNI 217 KK.

“Penentuan penerima manfaat BST ini ditetapkan langsung oleh Kemensos RI,” jelas Riawati, belum lama ini.

Dikatakannya, setiap KK menerima dana BST senilai Rp 600.000 per bulan. BST ini diberikan kemensos selama 3 bulan, yaitu terhitung April, Mei, dan Juni. Sehingga total dana BST yang diterima warga selama tiga bulan sebesar Rp 1.800.000.

Namun dibulan berikutnya hingga Desember 2020, masing-masing KK hanya berhak menerima BST sebesar Rp 300 ribu perbulan.

Sedangkan untuk pengambilan dana BST, lanjut Ria, penerima manfaat harus membawa syarat-syarat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) asli beserta fotocopy. Serta wajib menggunakan masker.

“Sesuai jadwal, penerima datang ke kantor Pos untuk mengambil dana BST. Tentu, dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar dia.

Sementara Kepala PT. Pos Cabang Tanjungpinang, Donny menjelaskan pembayaran dana BST untuk warga penerima manfaat di kota Tanjungpinang sebanyak 1.528 KK.

Pembayaran BST tersebut ditargetkan selesai sebelum lebaran sehingga dapat bermanfaat bagi penerima manfaat.

“Hari ini kita mulai lakukan pembayaran BST kepada 1.528 KK di kota Tanjungpinang. Bansos tunai ini adalah bantuan langsung dari Kemensos RI berupa uang tunai sebesar Rp600.000 untuk setiap KK,” jelas Donny.

Untuk pencegahan penyebaran Covid-19, lanjut Donny, pihaknya telah membuat jadwal penyaluran untuk setiap kecamatan dan kelurahan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan warga penerima BST.

Pengaturan pembayarannya, kata Donny, tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi, sehari kita targetkan pembayaran untuk 500 KK sesuai jadwal yang ditetapkan. Dan jumlah ini pun kita jadwalkan per jamnya.

“Misalnya hari ini, jam 08.00 – 11.00 Wib untuk kecamatan Bukit Bestari yaitu kelurahan Tanjung Unggat dan Tanjungpinang Timur. Lalu, pukul 11.00 – 15.00 Wib yaitu Tanjung Ayun Sakti dan Kelurahan Sungai Jang. Begitu seterusnya sesuai jadwal,” terangnya.