Lintaskepri

Inspirasi Masyarakat Kepri

Boyong Direktur dan Deputi ke Serasan, Sekjen Kemendagri Ingin PLBN Bermanfaat Untuk Masyarakat

Mar 23, 2023
Foto Bersama beberapa Direktur dan Deputi, serta pejabat dari Pemprov Kepri dan Pemkab Natuna
Foto Bersama beberapa Direktur dan Deputi, serta pejabat dari Pemprov Kepri dan Pemkab Natuna

 

NATUNA,Lintaskepri.com – Kedatangan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro di Serasan salah satu tujuannya adalah meninju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan.

Bersama beberapa Direktur dan Deputi, serta pejabat dari Pemprov Kepri dan Pemkab Natuna Sekjen Kemendagri ingin melihat prospek kedepan setelah pengoperasian PLBN nantinya.

“Kita dorong supaya PLBN ini segera beroperasi,” ucapnya usai mengunjungi Pos Pengungsian SMAN 1 Serasan, Rabu, 22 Maret 2023 sore.

PLBN Serasan nantinya akan dikelola oleh BNPP setelah diserahkan oleh pihak Kementerian PUPR.

Namun beroperasinya PLBN Serasan juga harus diikuti oleh pintu masuk di Sematan Malaysia, untuk mempercepat hal tersebut Suhajar akan menggelar pertemuan dengan Konjen Indonesia di Kuching di Kalimantan usai kunjungannya dari Serasan.

“Besok ke Kalimantan akan bertemu dengan Komjen di Kucing Malaysia, supaya berjalan Malaysia juga harus membuka pos lintas batasnya,” terang Suhajar.

Suhajar berharap dengan dibukanya PLBN Serasan dapat meningkatkan lalu lintas orang, barang dan jasa.

Barang yang masuk dari Malaysia nantinya dapat memenuhi kebutuhan disini, sementara barang keluar akan menjual hasil produksi masyarakat, yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Selain itu, kedepan diharapkan akan ada Fery, antara Sematan Malaysia dan Serasan Indonesia.

Keberadaan Fery menurut Suhajar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Serasan.

Pengembangan Sektor Pariwisata

Pengoperasian PLBN Serasan, menurut mantan Penjabat Gubernur Kepri itu tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan pariwisata yang lebih banyak lagi.

Apabila nantinya hal itu terjadi pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna dan Provinsi Kepri harus menyiapkan konsep yang jelas.

Suhajar menawarkan konsep pengembangan homestay, dengan konsep tersebut nantinya wisatawan akan tinggal di rumah warga, sehingga masyarakat dapat menikmati.

“Semakin banyak orang yang datang, akan semakin banyak uang berputar di sini,” ungkap Suhajar.

Jauh sebelum dibangunnya PLBN Serasan, Suhajar menceritakan bahwa saat dirinya menjabat sebagai Camat Serasan dirinya sudah mengusulkan dan merancang pembangunan bandar perintis.

“Waktu itu kami usulkan daerah Jermalik, karena daerahnya datar maka cocok untuk dibangun bandara perintis,” tambah Suhajar. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *