Pemko Tpi

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Media Gathering Bersama Insan Pers

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Media Gathering Bersama Insan Pers.
Bawaslu Tanjungpinang Gelar Media Gathering Bersama Insan Pers.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar Media Gathering bersama insan pers setempat dalam rangka Evaluasi Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019 sekaligus Launching Buku 500 Pantun Pemilu, Senin (29/7).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu cafe di Tanjungpinang ini diikuti oleh 32 media setempat mulai dari cetak, elektronik dan online.

Beberapa perwakilan organisasi profesi wartawan seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang-Bintan dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanjungpinang turut hadir.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini, menilai peran media sangat penting dalam menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu.

“Jujur saja kita akui bahwa sepanjang tahapan Pemilu 2019 peran media sangat penting,” katanya.

Pers, sambung Zaini, juga ikut serta dalam mengawal Pemilu dalam bentuk pemberitaan.

Hadirnya media dalam Pemilu tahun ini menjadikan masyarakat mengetahui apa-apa saja yang sedang terjadi pada saat tahapan Pemilu, baik itu sifatnya informasi maupun peristiwa. Selain itu juga menciptakan Pemilu yang aman, damai dan demokratis.

Disamping itu, kata Zaini, Bawaslu memiliki tiga fungsi yakni pencegahan, pengawasan dan penindakan.

“Ini sering kami singkat dengan 3P,” katanya.

Komisioner Bawaslu Kepri Rosnawati, menilai peran media sangat berpengaruh di tengah-tengah masyarakat dalam menyampaikan berita dan juga informasi mengenai Pemilu.

“Media dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dan menangkal beredarnya berita bohong atau hoax yang berhubungan dengan Pemilu,” tutupnya.

(cho)