Batam Raih Pertumbuhan Investasi Tertinggi di Indonesia, Lampaui Target Nasional

Feb 12, 2024
Batam Raih Pertumbuhan Investasi Tertinggi di Indonesia, Lampaui Target NasionalBatam Raih Pertumbuhan Investasi Tertinggi di Indonesia, Lampaui Target Nasional. Foto: Ilustrasi Pixabay.

Lintaskepri.com, Batam – Batam menunjukkan kinerja gemilang dalam menarik investasi di tahun 2023, dengan mencatatkan pertumbuhan 18 persen, jauh melampaui target nasional sebesar 5 persen.

Pencapaian ini menjadikan Batam sebagai daerah dengan pertumbuhan investasi tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Investasi RI, total nilai investasi di Batam pada tahun 2023 mencapai Rp 15,62 triliun, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp 13,17 triliun.

Pencapaian ini didorong oleh Penanaman Modal Asing (PMA) senilai Rp 8,8 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) senilai Rp 6,8 triliun.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, melalui Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait, mengungkapkan bahwa pertumbuhan investasi ini tidak terlepas dari perkembangan beberapa sektor industri.

“Sektor mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik, dan jam menjadi penyumbang terbesar realisasi PMA sepanjang tahun 2023 dengan nilai investasi mencapai Rp 3,46 triliun dari 195 proyek,” papar Tuty, sapaan akrabnya.

Pihaknya menargetkan peningkatan nilai PMA di tahun 2024. Upaya ini akan dilakukan dengan mendorong realisasi beberapa proyek strategis nasional, seperti pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim, pembangunan Nongsa Digital Park, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Aero Technic.

“BP Batam terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan perizinan dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi para investor dan calon investor,” tegas Tuty.(*/Brm)

Editor: Brm

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *