Babinsa Semedang Ikut Tanam Padi Perdana bersama Poktan Krida Tani

Serda Saifullah Torang bersama Poktan Krida Tani Desa Semedang, saat menanam padi.

Serda Saifullah Torang bersama Poktan Krida Tani Desa Semedang, saat menanam padi.

Natuna, LintasKepri.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Semedang, Serda Saifullah Torang, melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos), pada Jum’at (24/05/2019) pagi, sekitar pukul 06:30 Wib, sampai dengan selesai.

Dalam komsos tersebut, Serda Saifullah Torang berkesempatan untuk membantu Kelompok Tani (Poktan) Krida Tani Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), untuk menanam padi perdana disalah satu sawah yang ada di Desa Semedang.

“Ini adalah penanaman padi perdana, yang dilakukan oleh Poktan Krida Tani Desa Semedang. Mereka melakukan penanaman padi tersebut secara bersama-sama atau gotong royong,” terang Anggota Koramil 03/Sedanau tersebut.

Dijelaskan Serda Saifullah Torang, bahwa sejumlah petani yang tergabung dalam Poktan Krida Tani Semedang, menanam padi dengan cara ditugal, dengan menggunakan sebatang kayu panjang, yang telah diruncingkan dibagian ujung tongkat.

Penanaman padi perdana di Desa Semedang Kecamatan Bunguran Batubi, dengan cara ditugal.

Penanaman padi perdana di Desa Semedang Kecamatan Bunguran Batubi, dengan cara ditugal.

“Cara penanamannya berbeda dengan padi pada umumnya, yang disemai terlebih dahulu, lalu ditanam bibit padi yang telah tumbuh. Namun langsung ditugal, dan dimasukkan beberapa butir gabah atau bibit padi, kedalam lubang yang telah ditugal,” kata Serda Saifullah Torang, menjelaskan.

Hal itu dilakukan, karena sawah yang dijadikan media tanam oleh para petani di Desa tersebut, tidak terdapat air yang cukup, seperti sawah pada umumnya.

“Kalau nggak ditugal nggak bisa, karena tanahnya keras, gak berlumpur seperti sawah-sawah pada umumnya. Jenis padinya pun berbeda,” katanya.

Serda Saifullah Torang berharap, dengan adanya penanaman padi tersebut, nantinya bisa menjadi langkah awal bagi masyarakat di Desa Semedang, untuk swasembada pangan, khususnya beras.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top