Babinsa Semedang Hadiri Sosialisasi Rencana Pembagian 1000 Sertifikat Tanah Gratis

Suasana Sosialisasi Rencana Pembagian 1000 Sertifikat Tanah Gratis di Desa Semedang.

Suasana Sosialisasi Rencana Pembagian 1000 Sertifikat Tanah Gratis di Desa Semedang.

Natuna, LintasKepri.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Semedang, Serda Saifullah Torang, turut menghadiri kegiatan Sosialisasi Rencana Pembagian Sertifikat Gratis, yang digelar oleh Pemerintah Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kegiatan sosialisasi tersebut, dilaksanakan digedung serbaguna Kantor Desa Semedang, pada Selasa (11/06/2019) siang.

“Saya diundang oleh Pak Kades, untuk menghadiri Sosialisasi Rencana Pembagian Sertifikat Tanah secara Gratis kepada masyarakat Semedang,” terang Serda Saifullah Torang, lewat rilis persnya.

Anggota TNI AD dari jajaran Koramil 03/Sedanau tersebut menjelaskan, bahwa rencananya akan ada 1000 lembar sertifikat yang akan dibagikan oleh Pemerintah Pusat, melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Natuna, kepada warga Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, untuk periode tahun anggaran 2019.

Namun, hal itu belum bisa dipastikan, kapan pembagian sertifikat gratis tersebut bakal dibagikan kepada masyarakat.

Tampak Babinsa Semedang Serda Saifullah Torang, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi.

Tampak Babinsa Semedang Serda Saifullah Torang, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi.

“Ini baru sebatas sosialisasi. Nanti masyarakat akan didata dulu, sebelum dibagikan sertifikatnya. Pendataannya akan dilakukan oleh pihak Desa Semedang,” katanya.

Masyarakat Desa Semedang tampak sangat sumringah, saat mendengar kabar, bahwa mereka akan mendapatkan sertifikat tanah secara gratis dari Pemerintah, untuk lahan mereka yang saat ini masih belum bersertifikat.

Dengan adanya sertifikat tersebut, masyarakat bisa menguasai sepenuhnya atas hak tanah milik mereka. Dan mereka pun bisa menjadikan sertifikat tersebut sebagai bahan jaminan untuk meminjam modal usaha di bank.

“Supaya ekonomi masyarakat bisa mengembangkan usaha mereka, dengan adanya tambahan modal yang mereka dapatkan dari bank. Karena nanti mereka sudah memiliki sertifikat tanah untuk jaminan. Ini juga bisa membantu mensejahterakan masyarakat menengah kebawah,” harapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Semedang, Ja’aleh Akup, Kepala BPD Semedang beserta Anggota, para Ketua RT dan RW se Desa Semedang, masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top