Babinsa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Kepada Nelayan

Serda R. Damanik tampak sedang berbincang-bincang kepada nelayan di Desa Cemaga Tengah.
Serda R. Damanik tampak sedang berbincang-bincang kepada nelayan di Desa Cemaga Tengah.

Natuna, LintasKepri.com – Memasuki musim utara, yang terjadi di bulan Desember hingga Januari 2019 ini, angin berhembus cukup kencang, yang mengakibatkan gelombang air laut naik secara drastis. Sehingga, kondisi ini sangat membahayakan aktifitas pelayaran, terutama bagi para nelayan tradisional.

Musim utara seperti ini, juga terjadi di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sehingga banyak nelayan didaerah tersebut, yang memilih untuk tidak pergi melaut, dan menaikkan perahu motornya ke bibir pantai, agar tidak dihempas gelombang.

Hal ini menjadi perhatian bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Serda R. Damanaik. Anggota TNI AD dibawah Komando Koramil 01/Ranai ini, berinisiatif untuk melakukan komunikasi sosial (Komsos) kepada para nelayan, yang ada diwilayah tugasnya.

Komsos ini, dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada para nelayan, tentang bahaya melaut di musim utara seperti saat ini. Agar masyarakat tidak pergi melaut pada cuaca ekstrim saat ini, yang dapat membahayakan keselamatan mereka sendiri.

Babinsa Cemaga Tengah, Seda R. Damanik menghimbau kepada nelayan agar tidak melaut di musim utara.
Babinsa Cemaga Tengah, Seda R. Damanik menghimbau kepada nelayan agar tidak melaut di musim utara.

Dalam hal ini, Serda R. Damanik memberikan Komsos kepada Salamun (49), salah seorang nelayan asal Desa Cemaga Tengah, yang sedang memperbaiki perahu motor atau pompongnya, bersama rekannya ditepi pantai.

“Kami menghimbau mereka agar jangan dulu melaut, karena faktor keselamatan. Mengingat saat ini gelombang ait laut masih cukup tinggi,” ungkap R. Damanik, Minggu (20/01/2019) kemarin.

Selain melakukan Komsos dan himbauan keselamatan di musim utara, kegiatan ini juga sebagai wadah silahturahmi antar TNI AD dengan masyarakat, khususnya diwilayah binaan Desa Cemaga Tengah.

“Silahturahmi bersama masyarakat harus terus kita jalin, sesuai motto kita, yaitu bersama Rakyat, TNI kuat,” pungkasnya.

Laporan : Erwin Prasetio