Babinsa Bukit Padi Bantu Petani Mengairi Sawah di Musim Kemarau

Sertu Ritonga tampak tengah membantu petani menyedot air, untuk mengairi lahan persawahan.

Sertu Ritonga tampak tengah membantu petani menyedot air, untuk mengairi lahan persawahan.

Anambas, LintasKepri.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Bukit Padi, Sertu Ritonga, belum lama ini melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), kepada warga binaannya.

Komsos tersebut, dilakukan Sertu Ritonga dengan membantu para petani di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), untuk mengairi lahan persawahan mereka.

Diketahui, saat ini di Daerah tersebut sedang dilanda musim kekeringan atau kemarau, yang mengancam tanaman padi milik petani.

“Mereka khawatir gagal panen. Sebab dudah lama hujan tidak turun, yang mengakibatkan lahan persawahan mereka mulai mengering,” terang Anggota TNI AD dari jajaran Koramil 04/Letung tersebut.

Sertu Ritonga menjelaskan, bahwa saat ini sejumlah waduk dan irigasi di daerah tersebut belum berjalan, yang mengakibatkan banyak aliran sungai yang mulai mengering.

Jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan lahan persawahan para petani bisa ikut mengering, dan mengakibatkan seluruh tanaman milik petani mati.

Untuk menyelamatkan nasib petani dari musibah gagal panen, Sertu Ritonga pun berinisiatif untuk membantu para petani menyedot air dari dalam tanah dan sungai-sungai yang ada, dengan menggunakan mesin penyedot air.

“Para petani pun akhirnya menyedot air dari sungai yang masih menyisakan sedikit air, karena takut gagal panen,” pungkas Sertu Ritonga.

Kegiatan Komsos inipun, sebagai ajang untuk menjalin tali silahturahmi, antara Babinsa dengan masyarakat sebagai warga binaannya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top