Arungi 3 Pulau, Bupati Natuna : Mari Kita Saling Mengingatkan Akan Bahayanya Covid-19

LPP Gurindam web
Hamid Rizal saat menyerahkan bantuan secara simbolis.

Natuna, LintasKepri.com – Pemerintah Pusat telah menetapkan Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) sebagai salah satu bencana Nasional yang sangat berbahaya dan tidak bisa dianggap enteng. Untuk itu agar kiranya masyarakat dapat mentaati segala anjuran yang disampaikan oleh Pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, ketika melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Midai, Suak Midai, Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat, pada Selasa (14/04/2020) kemarin.

Hamid menyebutkan, kasus Covid-19 telah memberikan dampak bagi semua lini, termasuk masyarakat, mulai dari pelaku usaha kecil menengah (UKM), petani, nelayan maupun buruh lepas harian. Mencegah dan menanggulangi salah satu virus mematikan tersebut merupakan sebuah keharusan bagi semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Untuk itu Hamid meminta agar kita semua dapat berperan aktif dalam melakukan berbagai pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang bahaya corona.

“Harus ada peran aktif dari semua pihak, jika kita ingin memberangus virus corona ini,” kata dia.

Bupati Natuna saat menyampaikan kata sambutan.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap supaya kita semua selalu memperhatikan keselamatan diri bagi tertularnya virus corona. Seperti makan makanan yang bergizi dan seimbang, konsumsi vitamin bagi imunitas tubuh, menerapkan hidup bersih dan sehat, menghindari kerumunan orang, menjaga jarak aman dengan orang asing, selalu menggunakan masker saat bepergian dan kurangi aktifitas diluar rumah. Dan yang terpenting selalu mengingatkan akan bahaya penularan Covid-19 kepada keluarga, saudara maupun orang terdekat, serta cara pencegahannya.

“Mari kita saling mengingatkan akan bahayanya Covid-19,” ajak Hamid.

Selain itu, Bupati ke 6 didaerah ujung utara NKRI itu juga mengingatkan kepada warga Natuna yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah, seperti para mahasiswa, agar bersedia mengkarantina mandiri selama 14 hari, bagi mempertahankan status zona hijau di daerah berjuluk mutiara diujung utara itu.

Ketua FKS Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal menyalurkan bantuan APD tenaga kesehatan secara simbolis.

Hamid Rizal berpesan kepada seluruh aparatur Pemerintah mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga ke RT/RW, agar selalu memberikan informasi positif mengenai perkembangan Covid-19 kepada masyarakat, supaya tidak menimbulkan keresahan publik. Pasalnya Pemerintah telah memberikan anjuran dan langkah-langkah bagi pencegahan dan penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Bupati bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Natuna, Hj. Nurhayati Hamid Rizal, Dandim 0318 Natuna Letkol Czi. Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr(Han), Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, SIK., dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), memberikan bantuan dana kepada Satgas Penanganan Covid-19 dimasing-masing kecamatan, bantuan Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan, bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat terdampak serta bantuan dana kepada pengurus Masjid dan Surau.

Editor : Erwin Prasetio