Andes Putra Dukung Pengembangan Wisata Mangrove di Mekar Jaya

Ketua DPRD Natuna Andes Putra, tampak sedang menanam bibit mangrove.

Ketua DPRD Natuna Andes Putra, tampak sedang menanam bibit mangrove.

Natuna, LintasKepri.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Andes Putra, mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi upaya dari Pemerintah Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat, untuk mengembangkan sektor pariwisata alam hutan mangrove didesanya.

Hal itu disampaikan Andes saat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker), dalam rangka untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan penanaman 20.000 batang bibit pohon mangrove atau bakau, yang digelar oleh Kelompok Kebun Bibit Rakyat (KBR) Air Batang, Desa Mekar Jaya, pada Kamis (10/10/2019) kemarin.

Menurutnya, kita semua wajib untuk melestarikan lingkungan alam, terutama hutan mangrove. Karena kata dia, mangrove merupakan tanaman yang menjadi habitat bagi sejumlah binatang baik yang ada didarat maupun di air. Akar pohon mangrove yang kokoh dan memiliki banyak cabang, juga dapat menjadi penangkal terhadap adanya abrasi.

Andes Putra saat menerima bibit mangrove, yang akan ia tanam disekitar wisata alam hutan mangrove di Desa Mekar Jaya.

Andes Putra saat menerima bibit mangrove, yang akan ia tanam disekitar wisata alam hutan mangrove di Desa Mekar Jaya.

“Alam ini sangat penting bagi kita. Oleh karena itu kita wajib untuk menjaganya bersama-sama. Salah satunya kita dapat menjaga kelestarian dari hewan-hewan yang hidup dihutan bakau atau mangrove ini,” ungkap Andes, dalam sambutannya.

Pria kelahiran Serasan itu menyebutkan, bahwa mangrove juga merupakan tanaman yang menyumbang oksigen bagi paru-paru dunia. Sehingga keberadaannya dimuka bumi sangatlah penting dan vital, bagi keberlangsungan sejumlah makhluk hidup, termasuk manusia itu sendiri.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Natuna itu menambahkan, bahwa dirinya juga sangat menyukai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan alam. Salah satunya adalah kegiatan menanam bibit pohon mangrove disekitar pinggiran muara yang ada di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat.

Andes Putra didampingi Camat Bunguran Barat Tri Didik Sisworo, saat menyusuri wisata alam hutan mangrove di Desa Mekar Jaya.

Andes Putra didampingi Camat Bunguran Barat Tri Didik Sisworo, saat menyusuri wisata alam hutan mangrove di Desa Mekar Jaya.

“Jujur Saya sangat menyukai kegiatan seperti ini. Karena latar belakang pendidikan Saya juga dari jurusan ilmu biologi. Jadi yang berbau alam seperti ini Saya sangat suka,” sebut Andes.

Andes juga meminta agar setiap Desa yang ada di Kabupaten Natuna, dapat mengikuti jejak Desa Mekar Jaya, untuk mengembangkan wisata alam yang terdapat di desanya masing-masing. Karena pengembangan wisata Desa ini, diyakini dapat untuk menunjang kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengaku sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Desa Mekar Jaya untuk menjadikan daerahnya sebagai Desa Wisata. Pasalnya kata dia, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang menjadi fokus pembangunan Daerah Kabupaten Natuna saat ini dan kedepan.

Ketua DPRD Natuna Andes Putra, saat menyampaikan kata sambutan.

Ketua DPRD Natuna Andes Putra, saat menyampaikan kata sambutan.

Masih kata Ngesti, bahwa Natuna saat ini telah ditetapkan sebagai daerah bagi Geopark Nasional. Sehingga pengelolaan wisata dan kelestarian lingkungan, menjadi salah satu hal yang wajib untuk dikembangkan bagi daerah yang terletak diujung utara NKRI tersebut.

Turut hadir dalam aksi nyata penanaman 20.000 batang bibit pohon mangrove di Desa Mekar Jaya, Camat Bunguran Barat Tri Didik Sisworo, Kepala Desa Mekar Jaya Muhammad Isa, Ketua KBR Air Batang Harjono, Ketua BPD Mekar Jaya Burjahidi, Ketua Karang Taruna Mekar Jaya Japrizal, Anggota Mapala STAI Natuna, Siswa-siswi MTs Mekar Jaya serta masyarakat setempat.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top