Pemko Tpi

Aktivitas Bongkar Muat di Pelantar 2 Lancar, Buruh Senang Pendapatan Kembali Normal

Aktivitas Bongkar Muat di Pelantar 2 Terlihat Lancar, Jumat (24/7).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Sejak pandemi COVID-19, aktivitas bongkar muat barang di Pelantar 2 Tanjungpinang tetap ramai, tidak pernah sepi.

Bongkar muat barang juga terlihat sudah lancar. Buruh di dermaga Pelantar 2 pun senang karena pendapatan mereka kembali normal.

Dari pantauan LintasKepri, sekitar 6 kapal bersandar di dermaga yang memiliki panjang 260 meter dan lebar 16 meter tersebut.

Terlihat para buruh membongkar barang di dermaga. Barang dibongkar dari kapal ke lori ataupun sebaliknya.

Rata-rata barang yang diangkut ialah sembako seperti minyak goreng, cabe, bawang, tepung, indomie, dan lain sebagainya.

“Ya bang, alhamdulillah untuk barang tidak ada tersendat. Lancar kok,” ujar salah seorang buruh, Abdul Kadir (44) kepada LintasKepri, Jumat (24/7).

Barang tersebut, lanjut Kadir, berasal dari Natuna, Jambi, Anambas, Batam, dan beberapa daerah pesisir Riau.

Kadir tidak menepis ketika disinggung aktivitas bongkar muat saat awal pandemi COVID-19 yang sedikit terhambat. Namun, Kadir memastikan saat ini kondisi sudah lancar.

“Kemarin pas awal ada COVID-19 aja sih. Kapal jarang masuk, karenakan ada aturan dari daerah lain itu kalau orang dilarang keluar daerah untuk mencegah COVID-19. Sehingga ya ABK kapal tak dapat kerja dan kapal tak jalan. Tapi sekarang dah lancar kok,” kata Kadir.

Senada dengan Kadir, Didi juga mengakui jika saat ini pekerjaan sudah mulai lancar. Sehingga, ekonomi para buruh sudah mulai stabil.

“Kita senang, sudah lancar sekarang. Barang tiap hari keluar masuk. Ya pendapatan kita lumayan dibandingkan pas awal ada COVID-19,” kata Didi (38).

Meski pekerjaan lancar, namun buruh mengeluhkan jika akses jalan menuju Pelantar 2 itu sangat sulit karena jalan kecil. Sehingga sedikit terhambat jika ada lori besar yang masuk ke Pelantar 2.

(san)