Pemko Tpi

Akibat COVID-19 Wali Murid Keluhkan Sekolah Toan Hwa Tetap Pungut SPP dan Uang Buku

Sekolah Toan Hwa di Jalan Engku Putri, Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Orang tua siswa yang anaknya menempuh pendidikan di sekolah Toan Hwa, mengeluhkan di tengah kondisi ekonomi belum stabil akibat dampak COVID-19, pihak sekolah tersebut tetap menagih uang SPP dengan tarif penuh.

Ln yang anaknya bersekolah di SD Toan Hwa Jalan Engku Putri, Kota Tanjungpinang, mengeluhkan hingga kini dirinya harus membayar uang SPP sebesar Rp300 ribu per bulan. Sedangkan usaha yang Ln kelola, kondisinya masih terseok-seok akibat COVID-19.

Selain uang SPP bayar penuh, pihak sekolah kata pemilik usaha kuliner ini, juga membebankan pembayaran uang buku sebesar Rp650 ribu. Sehingga, menghambat anaknya untuk belajar online di rumah.

“Mau ikut belajar online tak bisa karena buku belum dikasih pihak sekolah karena belum bayar. Jadi, proses belajar siswa terhambat. Mau belajar online tak bisa ikut karena tak ada buku,” sebut Ln, Kamis (16/7).

Seharusnya, tegas Ln, pemerintah daerah memperhatikan kondisi ini, bukan hanya memperhatikan sekolah negeri saja. Sebab, semua pihak juga ikut terdampak.

“Sekolah swasta juga diperhatikan seperti beban SPP dan uang buku. Sama-sama kena dampak orang tua,” pinta Ln.

Terpisah, Kepala Sekolah SD Toan Hwa melalui stafnya, Nike, membenarkan bahwa pihak sekolah meminta orang tua untuk membayar uang buku. Namun Nike menyebut jika pembayaran uang buku bisa diangsur. Sayangnya ia tidak menjelaskan soal pembayaran SPP.

“Sebelumnya, kita juga sudah kasih tahu ke orang tua. Bisa diangsur. Ya, orang tua bisa kasih tau ke yayasanlah, agar diberi keringanan,” ujar Nike didampingi rekannya, Jumat (17/7).

Sekolah swasta, sambung Nike, tidak pernah mendapatkan bantuan buku dari pemerintah. Maka dari itu, pihak sekolah menyediakan sendiri buku tersebut dengan konsekuensi orang tua membayar uang buku tersebut.

“Kita swasta tidak pernah dapat bantuan buku dari pemerintah. Dan kita juga ada buku mandarin, jadi kita sediakan. Untuk masa COVID-19 ini, kita ada beri keringanan pembayaran ke orang tua kok,” jelas Nike.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Atmadinata, dikonfirmasi LintasKepri soal masalah ini hingga berita dilansir belum menjawab.

(san)