'

41 Rumah di Kelurahan Kamboja Dibedah

Lurah Kamboja, Raja Mukmin.

Lurah Kamboja, Raja Mukmin.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – 41 rumah kurang layak huni kecuali rumah sewa, di Kelurahan Kamboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang mendapatkan bantuan dalam bentuk uang tunai untuk melakukan bedah rumah.

Lurah Kamboja, Raja Mukmin, Kamis (13/12), di salah satu kedai kopi di Tanjungpinang menuturkan, 41 rumah yang mendapatkan bantuan tersebut dibagi dalam dua kelompok.

41 rumah penerima bantuan berada di 13 RW dan 45 RT. Anggaran bedah rumah yakni anggaran 2018 dan 2019.

“Lokasi rumah warga yang menerima bantuan di wilayah Kelurahan Kamboja seperti Pelantar Datuk, Sulawesi, Mutiara, Gurindam dan lokasi lainnya,” kata dia.

Mukmin menuturkan, pengajuan bantuan itu diajukan oleh Pemko Tanjungpinang melalui Kementerian PUPR lebih kurang setahun lalu. Realisasi dilakukan ditahun ini dan awal Januari 2019 hingga selesai.

“Dana yang disalurkan pemerintah senilai Rp17 juta per rumah. Dana itu diberikan ke pemilik rumah dalam bentuk tunai,” ungkapnya.

Tahap pertama, sambung Mukmin, sekitar 5 sampai 6 rumah sudah direhab ditahun ini. “Mereka yang merehab sendiri, mencari tukang sendiri dengan pengawasan dari kelurahan bagian pembangunan. Pemerintah setakad memberikan dana untuk merehab rumah,” terangnya.

img-20181213-wa0014Mukmin menjelaskan, pemilik rumah yang mendapatkan bantuan tentunya sudah diberi pemahaman dalam bentuk sosialisasi di Kantor Lurah Kamboja.

“Pemilik rumah yang mendapatkan bantuan membuat pernyataan dengan mencantumkan persyaratan seperti surat tanah, KTP, KK, dan tentunya penduduk tempatan,” ungkapnya.

Mukmin menjelaskan, sebelumnya Kelurahan Kamboja sudah melakukan survei bersama Dinas Perkim Tanjungpinang, pihak kementerian dan RT RW untuk melihat langsung kondisi rumah penerima manfaat. Dari survei dilapangan ditemukan lantai, atap dan tiang rumah penerima bantuan dalam kondisi kurang layak huni.

Dia berharap agar pemilik rumah yang menerima bantuan untuk dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Bagi yang belum dapat, jangan berkecil hati. Insya Allah akan kita usulkan kembali ditahun mendatang,” katanya.

(dar)

Baca juga :

    Top