112 Kepala Keluarga di Desa Sungai Besar Terima BLT

DPRD Lingga
Lingga Kab
112 Kepala Keluarga di Desa Sungai Besar Lingga Utara, Kabupaten Lingga, menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama, Senin (18/5).

Lingga, LintasKepri.com – 112 Kepala Keluarga di Desa Sungai Besar Lingga Utara, Kabupaten Lingga, menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama, Senin (18/5).

Pj Kepala Desa Sungai Besar Johandra, menjelaskan, dari 232 jumlah KK di Desa Sungai Besar, Pemdes telah menyalurkan BLT-DD untuk periode April 2020. Setiap KK menerima BLT sebesar Rp600.000.

Johandra menuturkan, BLT Dana Desa diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak COVID-19 untuk membantu meringankan ekonomi.

“Setidaknya dengan disalurkan BLT-DD ini sedikit dapat meringankan beban masyarakat kita. Apalagi saat ini masyarakat banyak membutuhkan uang untuk menyambut Idul Fitri,” tutur Jon sapaan akrabnya saat dijumpai di ruang kerjanya di Kantor Desa Sungai Besar.

Dia menjelaskan, BLT-DD dari dana Desa diberikan kepada masyarakat selama tiga bulan berturut-turut. Sehingga, total yang diberikan selama tiga bulan berjumlah Rp1.800.000 per KK.

“Tahap kedua akan kita salurkan pada minggu terakhir bulan Mei. Tahap ketiga pada minggu kedua bulan Juni,” ucapnya.

Untuk Desa Sungai Besar sebanyak 53 KK menerima BLT Kemensos yang telah diajukan melalui Dinas Sosial. Sasaran penerima BLT ini yang paling utama adalah untuk keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang belum mendapatkan kartu prakerja, dan kehilangan mata pencaharian.

Pada kesempatan itu, Jon juga menyampaikan maaf atas keterlambatan beberapa hari penyaluran BLT-DD ini kepada masyarakat.

“Saya selaku Pj Kades Sungai Besar meminta maaf atas keterlambatan ini,” ungkapnya.

Karena, kata Jon, untuk mendata masyarakat yang berhak menerima harus hati-hati. Ia tak ingin ada masyarakat yang berhak menerima tetapi tidak terdata.

(fiza)