'

Wako Tanjungpinang Panen Sayuran Bersama Kelompok Tani

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah panen sayur

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah panen sayur

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Yuniarni Pustokoweni panen sayur bersama kelompok tani Anyelir di Kampung Sumber Rejo, Kelurahan Pinang Kencana, Selasa (22/3) pagi tadi.

Panen ini juga diikuti Plt.Asisten Ekonomi Pembangunan, Ir. Robert Pasaribu, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, Kehutanan dan Energi, Adnan, Kepala BP3AKB, A.Yani, Camat beserta Lurah setempat. Hadir pula Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam sambutannya, Lis Darmansyah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan para kelompok tani Anyelir yang telah berani memulai dan juga memberikan motivasi bagi kelompok tani lain. Namun, kelompok tani Anyelir kampung sumber rejo agar tidak cepat merasa puas dengan hasil panen ini dan meminta agar dapat lebih mengembangkan lagi potensi yang ada.

“Program kelompok tani ini agar dapat membantu pemerintah dalam mengendalikan inflansi, terutama terhadap harga bahan sayuran yang semakin meningkat. Pemerintah akan siap bergandeng tangan dan akan terus melakukan pembinaan secara intensif serta memantau komunitas petani sayuran secara berkelanjutan,” janji Lis.

Jika berhasil, pemerintah, sambung Lis, juga akan memberikan support melalui dinas terkait untuk melakukan fasilitasi dalam hal kebutuhan transportasi untuk mengangkut hasil panen tersebut.

“Jika perlu lahan garapan dapat diperluas, kita juga dapat meminjam lahan kosong untuk digarap dan dijadikan lahan bercocok tanam,” pesan Lis lagi.

Lis berharap kedepannya agar di setiap kelurahan memiliki komunitas seperti ini serta memiliki produk ungulannya yang dapat di tonjolkan.

“Kita memiliki 18 kelurahan jika dapat membentuk komunitas tani itu sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat di pasok ke pasar minimal ke warung-kewarung,” tutup Lis.

Sebelumnya, Kepala KP2KE, Adnan, menyampaikan bahwa program kelompok tani yang di selenggarakan oleh KP2KE ini bertujuan untuk dapat meningkatkan implementasi Kota Tanjungpinang dalam pengendalian inflasi. Pemerintah Kota Tanjungpinang menghimbau agar masyarakat dapat mengoptimalkan lahan kosong untuk pertanian, peternakan serta perikanan.

Agenda itu kemudian dilanjutkan Walikota Tanjungpinang bersama undangan yang hadir memanen sayuran serta menerima cindera mata dari komunitas tani sayur Anyelir. (hum/yandri)

Baca juga :

Top