''

Wako Buka Acara Sosialisasi Tim Pembina UKS

Lis Darmansyah, Wako Tanjungpinang, berdialog dengan siswa usai pembukaan acara Sosialisasi Tim Pembina UKS, (24/8)

Lis Darmansyah, Wako Tanjungpinang, berdialog dengan siswa usai pembukaan acara Sosialisasi Tim Pembina UKS, (24/8)

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH membuka acara Sosialisasi tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) kepada 190 orang, ditaja oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang. Penyelenggaraan kegiatan berlangsung di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang Jalan H Agus Salim, tepi laut Kota Tanjungpinang, Senin (24/08).

Diacara tersebut, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, menyampaikan, UKS merupakan salah satu rantai penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang ditujukan untuk peserta didik, sehingga mereka bisa memupuk pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Keberadaan UKS di sekolah sangat penting, oleh sebab itu, jangan jadikan UKS sebagai salah satu pelengkap saja di sekolah, tetapi fungsi dari UKS di sekolah itu, perlu di optimalkan, karena dampak dari adanya UKS itu memberikan manfaat yang baik bagi peserta didik kita dalam menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Lis.

Agar berjalannya program ini, Lis Meminta kepada, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan kota Tanjungpinang, melakukan Memorandum of Understanding (MoU) kedinas terkait, sehingga program ini bisa berjalan dengan baik, dengan adanya MoU itu nantinya, akan ada komitmen utama yang dapat mengikat kerjasama diantara sekolah dan dinas.

“Selain itu, Tim pembina UKS, seperti Camat dan Lurah, perlu, sewaktu-waktu turun ke sekolah-sekolah, lakukan hubungan koordinasi dengan sekolah sesuai wilayah kerja Bapak/Ibu masing-masing, InsyaAllah dengan koordinasi yang baik, kita bisa membuat program-program bermanfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan mampu menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, sehingga terwujudnya siswa-siswi yang beriman dan berakhlak mulia,” tutup Lis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si, menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakan sosialisasi ini, adalah untuk memberikan pemahaman kepada tim pembina UKS terhadap program UKS, juga terjalinnya koordinasi yang baik dalam pelaksanaan program UKS yang nantinya akan terlaksana trias  diseluruh SD, MI dan SLTP,MTS serta SLTA, MA se-Kota Tanjungpinang.

“Program ini, telah dilakukan oleh dinas kesehatan bekerjasama dengan dinas pendidikan, antara lain, adanya pelatihan guru UKS dari sekolah tingkat dasar hingga atas, pelatihan kader kesehatan remaja bagi peserta didik SMP/SMK/MA, pemeriksaan berkala pada murid kelas 2 dan 3 SD, kegiatan stimulan cuci tangan pakai sabun, serta beberapa kegiatan kesehatan lainnya.” Jelasnya.

Peserta yang berasal dari SKPD terkait, Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah dan Dinkes, akan mengikuti sosialisasi ini selama satu hari, dengan narasumber berasal dari TP-UKS Jawa Timur, Agus Rianto.

Sebelum acara pembukaan berakhir, para peserta dihiburkan dengan penampilan dari Dokter Cilik SDN OO4 Tanjungpinang Timur, dengan semangat dan lantangnya mereka menyanyikan Mars UKS.

Diacara tersebut dihadiri oleh, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, beserta Istri, Ersa Famella, S. Sos, Ketua Gow Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul, Staf Ahli Bidan Pembangunan, Ir. Robert Pasaribu, MM, staf ahli bidang ekonomi dan keuangan, Drs. Ali Hisyam, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. HZ. Dadang AG, serta jajaran SKPD dilingkup Pemko Tanjungpinang. (Hum/Red)

Baca juga :

Top