TNI AL Natuna Tenggelamkan 5 Kapal Asing Berbendera Thailand dan Vietnam

Penenggelaman 5 kapal berbendera asing oleh TNI AL Natuna dengan cara ditembak disekitar perairan Pelabuahan Pertamina, Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna (18/08). Foto: Herman

Penenggelaman 5 kapal berbendera asing oleh TNI AL Natuna dengan cara ditembak disekitar perairan Pelabuahan Pertamina, Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna (18/08). Foto: Herman

– Sempena peringati HUT RI ke-70

Natuna, LintasKepri.Com – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekan Republik Indonesia (RI) ke-70, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menenggelamkan 5 buah kapal berbendera Thailand dan Vietnam dengan cara ditembak disekitar perairan Pelabuahan  Pertamina Selat Lampa Kecamatan Pulau Tiga, Selasa (18/08).

Kelima kapal tersebut ditangkap oleh TNI AL  Ranai karena telah melanggar memasuki wilayah Indonesia  tanpa izin, mereka juga telah melakukan pencurian ikan (illegal fishing) diperairan wilayah barat dan selatan Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri selama tahun 2015.

Komandan Pangkalan (TNI) Angkatan Laut (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut Arif Badodin Haiti, dikonfirmasi media ini mengatakan, Semua Kapal-kapal asing yang telah ditenggelamkan tersebut adalah hasil tangkapan  Kapal Republik Indonesia (KRI) TNI AL Natuna selama tahun ini.

“Kapal-kapal asing yang telah kita tenggelamkan tersebut ,semuanya telah selesai proses hukumnya di pengadilan negeri Ranai, Untuk sementara masih ada dua kapal yang masih dalam proses hukum, apabila proses hukumnya  sudah selesai, secepatnya akan kita tenggelamkan juga,” papar Badodi dilokasi penegelamkan  ke 5 kapal di Kecamatan  Pulau Tiga Kabupaten Natuna kemarin.

Selama tahun 2015 ini TNI AL Wilayah barat dan Selatan sudah 2 kali melakukan penegerlamkan Kapal asing, seperti diwilayah Kabupaten Anambas, Pontianak dan  Kabupaten Natuna. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 22 Kapal asing.

Pantauan awak media ini dilapangan terlihat kepulan asap tebal yang keluar dari ledakan ke 5 Kapal asing  yang ditenggelamkan, menjadi tontonan bagi masyarakat setempat.

Sebelum ada ledakan penegelaman Kapal tersebut oleh TNI AL, masyarakat setempat, terlihat sudah berbondong-bondong  memadati  seluruh bibir pantai  sekitar  pulau tiga.

Diacara pemusnahan, peneggelaman kapal hasil tangkapan tersebut, di hadiri oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Ranai Kabupaten Natuna, Camat  dan sejumlah Kepala Desa serta Tokoh-tokoh mastarakat setempat. (Herman)

Baca juga :

Top