''

Tanjungpinang Tuan Rumah Workshop Regional Urban Nexus

Komisaris BUMD dan Sekda Tanjungpinang, Riono.

Sekda Tanjungpinang, Riono.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Workshop Regional Urban Nexus ke-7 pada 19 hingga 21 Juli 2017 mendatang.

Ditanggal itu Tanjungpinang bakal kedatangan kepala negara dari 7 negara anggota Urban Nexus, 13 delegasi dari organisasi internasional, dan mitra urban nexus di Indonesia.

“Terpilihnya Tanjungpinang sebagai tuan rumah merupakan mitra Urban Nexus,” kata Sekretaris Daerah Tanjungpinang Riono, disela-sela memimpin rapat persiapan Workshop Regional Urban Nexus ke-7 di kantor Bappelitbang, Selasa (20/6).

Dia menilai, kedatangan delegasi dari 12 kota di 7 negara merupakan peluang besar bagi Tanjungpinang untuk belajar dan bertukar pengalaman dalam mengelola kota yang berwawasan lingkungan.

Disamping itu berpeluang untuk menunjukan kepada puluhan delegasi dari 7 negara dan organisasi internasional yang hadir bahwa Tanjungpinang memiliki potensi wisata serta kota yang nyaman dan aman untuk dikunjungi.

Riono meminta kepada seluruh panitia untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Ia ingin semua rangkaian kegiatan harus sempurna.

“Kemas kegiatan dengan kreatif dan inovatif sehingga memiliki kesan mendalam ketika mereka berada di Tanjungpinang,” tegas Riono.

Sementara itu, menurut Kepala Bappelitbang, Surjadi, memberitahu bahwa kegiatan dilaksanakan oleh GIS dalam kemitraan ESCAP, ICLEI, dan German Corperation.

“Ada sebanyak 50 orang peserta yang akan hadir dalam acara ini. Disinilah kita punya kesempatan untuk berbagi informasi dan meningkatkan wawasan,” katanya.

Surjadi menjelaskan akan ada serangkaian kegiatan dimulai dari penyambutan, jamuan makan malam, exhibition/pameran, dan site visit dan city tour. Nantinya, kata dia, peserta akan diajak mengunjungi Pulau Penyengat dan tempat wisata lainnya di Tanjungpinang.

“Saat acara pembukaan nanti peserta akan diberikan cinderamata seperti tanjak, kaos serta selendang dengan logo ikon Gedung Gonggong yang merupakan hasil kreatifitas dari ASN Pemko Tanjungpinang,” terangnya.

Tak hanya itu peserta juga akan disajikan dengan penampilan seni dan budaya Melayu Tanjungpinang.

Workshop Regional Urban Nexus mendatang tersebut akan berlangsung di Hotel CK Tanjungpinang pada 19-21 Juli 2017.

Dihadiri 7 negara anggota Urban Nexus yaitu China, India, Indonesia, Mongolia, Filipina, Thailand dan Vietnam serta 13 organisasi internasional yakni UNDP, UNEP, UN-HABITAT, USAID, FAO, World Bank, Rockerfeller, CITYNET, UCLG-ASPAC, Centre for Livable Cities, Singapore, Cities Development Initiative for Asia, Asian Development Bank (ADB), International Water Association (IWA).

(hum/red)

Baca juga :

Top