'

Tanjungpinang Telah Memiliki UPTD

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal (Disperindag Ekraf dan PM) Tanjungpinang, Teguh Susanto.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal (Disperindag Ekraf dan PM) Tanjungpinang, Teguh Susanto.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang telah memiliki Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal di tahun ini.

“Dengan adanya UPTD Metrologi Legal ini, kami berharap dapat memberikan retribusi pendapatan asli daerah. Walaupun sedikit, tapi jadilah,” kata Kabid Perdagangan, Teguh Susanto, Jumat.

Peluang tersebut mengingat Kota Tanjungpinang memiliki 1.507 unit potensi alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP), dengan kemungkinan bertambah tiap tahunnya.

Dinas Perindustrian Perdagangan Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal (Disperindag Ekraf dan PM) Kota Tanjungpinang juga telah menerima pelimpahan wewenang tentang Personil, Pendanaan, Prasarana, dan Dokumen (P3D) dari Pemprov Kepri.

“Seperti diamanatkan dalam UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi wajib menyerahkan wewenang P3D ke kabupaten kota,” ujarnya.

Selain itu juga, kata dia, Perwako tentang Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) metrologi legal juga telah dibentuk pada tahun ini.

Serius dalam aksinya, dinas terkait juga telah menganggarkan alat standar uji tera berupa alat uji pos bahan bakar minyak dan alat uji timbangan elektronik pada anggaran daerah 2016, dan kendaraan operasional roda dua. (Iskandar)

Baca juga :

Top