''

Syahrul Terima Lencana Melati Pramuka Dari Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Mengalungkan Penghargaan Lencana Melati Pramuka kepada H Syahrul Spd, Wakil Walikota Tanjungpinang (16/08)

Presiden Jokowi Mengalungkan Penghargaan Lencana Melati Pramuka kepada H Syahrul Spd, Wakil Walikota Tanjungpinang (16/08)

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri H. Syahrul, S.Pd menerima penghargaan Pramuka berupa Lencana Melati yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan Lencana Melati yang diterima oleh Syahrul ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang diberikan kepada Kwartir Cabang, Kwartir Daerah, Majelis Pemimpin Cabang dan Majelis Pemimpin Daeah yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan Pramuka.

Jokowi memberikan penghargaan dalam upacara Hari Peringatan Pramuka ke-54 di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu Sore (16/8). Selain Syahrul, beberapa kepala daerah, petinggi Negara serta ketua Kwarcab juga menerima penghargaan, seperti Kepala Staf Angkatan Laut Ade Supandi, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Walikota Bekasi Rachmat Effendi, Gubernur Jawa Timur H. Soekarwo dan lainnya. Sebanyak 31 peserta yang menerima Penghargaan Lencana Melati, Penghargaan Majelis Pembimbing Daerah Peduli, Lencana Dharma Bakti, Lencana Wiratama, Lencana Panca Warsa Utama dan Lencana Teladan diserahkan langsung oleh Jokowi di depan ribuan anggota pramuka.

Presiden Jokowi Mengalungkan Penghargaan Lencana Melati Pramuka kepada H Syahrul Spd, Wakil Walikota Tanjungpinang (16/08)

Presiden Jokowi Mengalungkan Penghargaan Lencana Melati Pramuka kepada H Syahrul Spd, Wakil Walikota Tanjungpinang (16/08)

Panasnya matahari sore tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan Upacara. Di awal sambutannya, Jokowi mengajak peserta untuk bertepuk pramuka. “Tepuk Pramuka !!”, seru Jokowi. Dalam arahannya, Jokowi yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka meminta, dalam membangun tunas-tunas muda, agar memiliki watak, karakter, kepribadian diri, jati diri sebagai tunas-tunas muda yang kokoh. Jokowi juga menyampaikan bahwa Pramuka merupakan Garda Terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda.

“Ini merupakan perwujudan cita-cita proklamasi kemerdekaan, membangun suatu bangsa tidak hanya semata-mata pembangunan fisik, tetapi membangun jiwa bangsa”, tutur Jokowi disambut tepuk tangan para peserta upacara.

Jokowi yakin bangsa yang berkarakter, bangsa yang berkepribadian tidak akan mudah terombang-ambing oleh samudera perubahan zaman. “Itulah pentingnya gerakan pramuka menjadi bagian terdepan dari gerakan perubahan dalam pembentukan karakter bangsa”, tambahnya.

Sebagai garda terdepan, Gerakan Pramuka harus menjadi teladan, contoh bagi perubahan mentalitas bangsa. Gerakan Pramuka juga harus menjadi pelopor perwujudan nilai-nilai integritas, kesantunan, tata krama,  budaya saling menghargaai, etos kerja dan semangat gotong royong. “Ajak teman-teman, para sahabat yang lain untuk bergabung dalam gerakan perubahan ini. Buktikan bahwa perubahan itu nyata dan bisa dilakukan oleh siapa saja setiap anak bangsa,” tegas Jokowi.

Dalam sambutannya juga, Jokowi mendorong revitalisasi gerakan pramuka. “Untuk melakukan revitalisasi dibutuhkan kerja keras kita bersama, perlu dilakukan langkah-langkah terobosan dan inovasi agar gerakan pramuka tetap diminati oleh para generasi muda”, imbuhnya.

Jokowi berpesan kepada Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kwarda Gerakan Pramuka untuk terus memikirkan cara-cara kreatif untuk membuat anak-anak Indonesia untuk mencintai Pramuka.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault SH, M.Si mengajak semua pembina, pengurus Gerakan Pramuka untuk menyatukan langkah, menyeragamkan semangat, seirama, satu tujuan dan tindakan serta bersepakat bersama-sama menjadi karakter sebagai pemimpin, penilai dan pengukur kesuksesan hidup melalui Gerakan Pramuka.

“Gerakan Pramuka terus fokus pada pendidikan dan pelatihan kaum muda yang bertumpu pada pembangunan karakter dan kecakapan melalui apa yang disebut sebagai metode ke Pramukaan. “Berarti hingga hari ini, sudah 54 tahun Gerakan Pramuka berkarya dalam menyiapkan generasi pemimpin bangsa dan negara,” imbuhnya.

Usai penyerahan penghargaan, Kak Syahrul, sapaan untuk anggota pramuka yang lebih senior mengatakan, bahwa peran Pramuka sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak-anak muda Indonesia, karena Pramuka adalah Praja Muda Karana.

“Karena pramuka mempunyai misi Dharma Satya dan Misi berupa Dasa Dharma, “Saya berharap dengan ada gerakan pramuka ini bisa memberikan perubahan karakter untuk para generasi muda Indonesia, terutama para remaja  kota Tanjungpinang”, tutupnya.(Hum/Red)

Baca juga :

Top