'

Singapura Tertular Zika, Ini Kata Kepala Dinkes

Virus Zika. Foto: Net

Virus Zika. Foto: Net

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus Zika yang saat ini terjadi penularan lokal di Singapura pada 41 penduduknya.

“Dinkes sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, sudah menyiagakan Tim Gerak Cepat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, Senin (29/8).

Beberapa langkah yang sudah dilakukan, kata dia, yakni mensosialisasikan gejala, penularan dan pencegahan Zika.

Mengimbau masyarakat bila mengalami demam, ruam kemerahan, sakit kepala dan nyeri sendi agar mengunjungi fasilitas kesehatan setempat.

“Mencegah perkembangbiakan nyamuk dengan membersihkan saluran air dan genangan lainnya,” jelasnya.

Rustam menjelaskan, untuk di Tanjungpinang sendiri belum ada masyarakat yang terjangkit. (dar)

Rustam, Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam.

Berikut sedikit tentang apa itu virus Zika:

Virus Zika adalah virus yang proses penularannya melalui media nyamuk Aedes aegypti. Masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit chikungunya.

Virus ini pertama diidentifikasi pada tahun 1947 di negara Uganda. Temuan pertama kali dari kasus Zika Virus justru didapatkan dari kasus demam yang muncul pada kera asli endemik Uganda. Kemudian virus ini menjangkit manusia dan pernah menyerang sejumlah populasi manusia di kawasan Afrika secara meluas pada tahun 1954.

Dan kasus pertama dari penyakit yang disebabkan oleh Zika Virus di luar Afrika terjadi di Yap Island, sebuah pulau di kawasan Pasifik Mikronesia pada tahun 2007. Semenjak itu, kasus Zika Virus beberapa kali muncul dalam frekuensi yang tidak kuat di kawasan Pasifik. Di Asia Tenggara sendiri kasus ini masih terbilang sangat langka. sumber: deherba.com.

Baca juga :

Top