'

Siap-siap, Tarif Tambat Ferry Akan Dinaikkan Pelindo

– DPC Pelra Tolak Kenaikan Harga

Terlihat Kapal Ferry sedang sandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura

Terlihat Kapal Ferry sedang sandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Belum usai persoalan kenaikan tiket pas Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) beberapa waktu lalu, kini PT Pelabuhan (Persero) Indonesia I Cabang Tanjungpinang malah berencana akan menaikkan harga tarif jasa tambat (sandar kapal,red) jenis ferry dalam waktu dekat ini.

Pembahasan rencana kenaikan tarif tersebut akan di gelar PT Pelindo I Tanjungpinang dengan beberapa Asosiasi Kepelabuhanan lainnya pada, Jumat (18/3) mendatang.

“Tarif kol (tambat kapal ferry) itu akan dilaksanakan pada Jumat (18/3) sore,” kata Humas PT Pelindo I Tanjungpinang, Darsono saat ditemui LintasKepri.com, Rabu (16/3).

Menurut pihak Pelindo, kenaikan tarif mengingat perlunya biaya perawatan dermaga Pelabuhan SBP yang masih perlu untuk diperhatikan setiap tahunnya, seperti perawatan sandar kapal hingga pengecatan pelabuhan maupun atap.

Untuk saat ini, tarif tambat ferry di Pelabuhan SBP di kelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Pelindo sebesar Rp 55 ribu per tiap kali kepulangan dan keberangkatan. Kemungkinan kenaikan tarif sebesar 70 persen.

“Aktifitas kapal ferry dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB dengan durasi sandar 30 menit setiap keberangkatan, dan harga tambat itu cukup murah,” kata Darsono.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pelabuhan Rakyat (Pelra) Batam, Andi Mashadiyat

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pelabuhan Rakyat (Pelra) Batam, Andi Mashadiyat

Terpisah, menanggapi rencana kenaikan tarif tambat ferry tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pelabuhan Rakyat (Pelra) Batam, Andi Mashadiyat, mengkritik kenaikan tarif tersebut.

Dia mengatakan, persoalan pas tiket yang sebelumnya telah menjadi polemik dan tidak terselesaikan, kini Pelindo justru menambah persoalan baru.

“Masalah sebelumnya saja yakni pas pelabuhan belum tuntas-tuntas, malah sekarang pas tambat mau dinaikkan lagi, sudah “gila” kali ya,” kata Andi.

Saat ini Pelra juga akan membangun pelabuhan bongkar muat dan penumpang dalam waktu dekat di Dompak. (Aji Anugraha)

Baca juga :

Top