'

Rangkaian Kegiatan Pemko Tanjungpinang di Hari Raya Idul Adha 1436 H

H. Lis Darmansyah, SH, Walikota Tanjungpinang, meninjau pemotongan hewan Qurban, (24/09).

H. Lis Darmansyah, SH, Walikota Tanjungpinang, meninjau pemotongan hewan Qurban, (24/09).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang pada hari raya Idul Adha 1436 H tahun 2015 memberikan bantuan sebanyak 46 hewan Qurban kepada masjid dan musholla di Kota Tanjungpinang. Momentum tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd. Rabu (23/9).

Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang salah satu masjid yang mendapatkan bantuan langsung berupa satu ekor sapi yang diserahkan langsung oleh Wakil Walikota kepada pengurus Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang, Abdul Razak di halaman  Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang, Rabu sore.

“Hari Raya Idul Adha 2015 ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mendistribusikan sebanyak 46 ekor sapi kepada Masjid/Musholla di wilayah Kota Tanjungpinang,” kata Syahrul.

Dia mengatakan, 46 ekor sapi tersebut telah disalurkan ke masjid/musholla di wilayah Kota Tanjungpinang. “hewan Qurban tersebut kami berikan kepada masjid/musholla yang tahun lalu belum menerima bantuan hewan Qurban dari Pemko Tanjungpinang. Jadi tiap tahun kami gilir,” ucap Syahrul saat diwawancara beberapa awak media di lokasi.

Sebelumnya, sambung Syahrul, pemko telah melakukan verifikasi ke masjid/musholla yang belum mendapatkan bantuan hewan Qurban.”Hewan Qurban ini dari iuran seluruh SKPD, Camat dan Lurah dilingkungan Pemko Tanjungpinang. Karena hewan Qurban tidak masuk dalam anggaran APBD Kota Tanjungpinang,” katanya.

H. Syahrul, S.Pd, memberikan bantuan sebanyak 46 hewan Qurban kepada masjid dan mushalla di Kota Tanjungpinang, (23/9).

H. Syahrul, S.Pd, memberikan bantuan sebanyak 46 hewan Qurban kepada masjid dan musholla di Kota Tanjungpinang, (23/9).

Usai menyerahkan hewan Qurban, malam harinya, Pemerintah Kota Tanjungpinang, menyelenggarakan Pawai Takbir Idul Adha 1435 H, pawai takbir itu, secara resmi dilepas oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, di Terminal Sungai Carang, Km. 9, Bintan Center Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, menghimbau, melalui bulan haji ini,  hendaknya untuk meningkatkan keihlasan pengorbanan dan beribadah untuk mencapai kesuksesan dunia akhirat, bagi setiap pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan terus mengamalkan ajaran agama Islam dalam perilaku sehari-hari,” Momentum ini, untuk menambah ketaqwaan kepada Allah SWT, dan lebih memperhatikan kepentingan sesama,” tutur Lis.

Lebih lanjut, Lis mengatakan, pawai takbir ini, sebagai bentuk rasa syukur sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya dan syiar Islam serta sebagai media silaturahmi diantara kaum muslimin dan muslimat di Kota Tanjungpinang, dalam nuansa ukhuwah Islamiah sebagai fondasi, guna terciptanya persaudaraan berbangsa dan bertanah air, khususnya di kota Tanjungpinang.

“Oleh karena itu, saya berharap, kepada seluruh peserta pawai takbir, agar senantiasa menjaga ketertiban, keamanan, ketentraman, dan kedamaian, serta menjauhkan diri dari hal-hal yg dapat  merugikan kita semua. Marilah kita laksanakan pawai takbir ini, dengan tertib seraya bersama-sama menyuarakan asma Allah, dengan mengumandangkan takbir, tasbih, tahlil dan tahmid agar kita lebih mendekatkan diri kepada Sang Khaliq,“ pesan Lis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, dalam laporannya, menyampaikan, bahwa pawai takbir Idul Adha tahun 2015 ini diikuti sebanyak 128 peserta, terdiri dari Instansi, Jamaah Masjid/Musholla, Lembaga Swadaya Mayarakat (LSM), Perguruan Tinggi, serta perwakilan sekolah tingkat SMA, dan akan dimulai di Terminal Sungai Carang, Km  9, Bintan Center dan berakhir di Tepi Laut, Tanjungpinang.

Pelepasan pawai takbir yang ditandai pemukulan bedug oleh Walikota Tanjungpinang, mendapat sambutan tepukan tangan dari ribuan warga yang memadati sisi kiri dan kanan rute yang dilalui.

Shalat Idul Adha, di Lapangan Dewaruci Tanjungpinang, (24/09)

Shalat Idul Adha, di Lapangan Dewaruci Tanjungpinang, (24/09)

Keesokan paginya, Kamis (24/09), Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, S. H, berserta Ibu Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, melaksanakan Shalat Idul Adha, di Lapangan Dewaruci Tanjungpinang. Dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha 1436 H, bertindak selaku Imam adalah Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, sedangkan sebagai Khotib adalah Ustad Bambang Maryono yang juga Ketua MUI Kota Tanjungpinang.(Hum/Red)

Baca juga :

Top