'

Peninggalan Bersejarah Istana Kota Lama Minim Perawatan

Kota Lama atau sering disebut Kota Rebah yang berada di Kelurahan Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, kota Tanjungpinang

Kota Lama atau sering disebut Kota Rebah yang berada di Kelurahan Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Sejumlah pengunjung, peninggalan bersejarah, Istana kerajaan, Kota Lama atau sering disebut Kota Rebah yang berada di Kelurahan Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, kota Tanjungpinang, merasa heran. Pasalnya, selain kurang perawatan, makam tua yang ada dilokasi sekitar, ditumbuhi rumput, pondok peritirahatan yang terbuat dari kayu, sudah mulai lapuk.

“Aneh juga ya masak ia peninggalan bersejarah seperti Istana kerajaan ini, kurang perawatanya, makam-makam tua yang ada juga tidak dirawat, banyak ditumbuhi rumput-rumput, pondok-pondok untuk tempat istirahatnya saja pada lapuk. Hanya,  bangunan gapuranya saja yang megah, mungkin ini, baru dibangun,” kata salah seorang pengunjung, bernama Johan kepada media ini, Senin (07/08) dilokasi Istana tersebut.

Begitu juga dengan, pengunjung lainnya bernama, Wawan, sangat menyayangkan kondisi tempat bersejarah yang berusia ratusan tahun ini  tidak terawat. Padahal menurutnya, tempat bersejarah ini mengandung nilai tinggi. “Kita berharap pemerintah tidak hanya bisa membangun, namun juga  merawat,” ujarnya.

Pantauan media ini di sekeliling situs bersejarah itu, terlihat dipadati oleh bangunan rumah warga, bahkan di dalam situs itu ada bangunan baru. Bangunan tersebut dikabarkan milik anak RW setempat.

Terkait dengan hal diatas media ini belum berhasil mengonfirmasi dan klarifikasi pihak terkait. (hendra)

Baca juga :

Top