''

Pemprov Kepri Bahas Perencanaan Pembangunan Kawasan Pesisir

Asisten I Bidang Ekonomi Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum.

Asisten I Bidang Ekonomi Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membahas perencanaan pembangunan di kawasan pesisir pantai Kota Tanjungpinang. Hal ini juga terkait penataan Teluk Keriting yang selama ini telah menjadi konsep dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Rapat koordinasi terbatas dan tertutup ini juga dipimpin langsung oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dengan melibatkan Sekda Kepri, TS Arif Fadillah serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri yang dimulai sekitar pukul 20.45 WIB, Rabu (5/7) malam di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang.

Kepala Bappeda Kepri, Naharuddin yang turut hadir dalam rapat tersebut membenarkan ada rapat koordinasi internal di Pemerintahan Provinsi Kepri.

“Benar, saya ikut juga setelah diperintahkan oleh Gubernur Kepri membahas program kerja setiap OPD,” katanya.

Kata Naharuddin rapat itu bukan mengenai perencanaan penataan Teluk Keriting saja. Akan tetapi, sambung dia, pembangunan di kawasan Pulau Dompak juga termasuk.

“Seperti Gedung Olahraga,” tutur Nahar usai mengikuti rapat.

Ia juga menepis bahwasanya rapat ini dilakukan secara diam-diam yang terkesan mendadak.

“Bukan secara diam-diam, tetapi rapat ini dilakukan baru sebatas internal Pemprov Kepri dulu. Setelah persiapan matang dan perencanaannya telah siap, baru disampaikan kepada Pemerintah Kota maupun Kabupaten terkait dalam program kerja yang ada. Apalagi Gubernur Kepri juga mempertanyakan persiapan OPD Kepri dalam menjalankan program kerjanya setelah adanya DED,” tegas Nahar.

Ditempat yang sama, Asisten I Bidang Ekonomi Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum juga membenarkan adanya rapat ini. Syamsul menepis adanya reklamasi di kawasan Teluk Keriting.

“Yang mengatakan reklamasi siapa. Kita hanya menata perumahan di Teluk Keriting seperti di Jogjakarta agar terlihat indah dan menarik. Termasuk jalan lingkar juga tidak sampai melakukan reklamasi,” tegas Syamsul yang diketahui bermukim dan warga asli Teluk Keriting.

Sementara itu, menurut Sekda Kepri, TS Arif Fadillah menyatakan bahwa penataan Teluk Keriting masuk dalam Pembangunan Gurindam 12.

“Pembangunan Gurindam 12 ini berposisi di pesisir pantai dari kawasan Rimba Jaya hingga Dompak termasuk Teluk Keriting,” kata Arif.

Arif menegaskan Pemprov Kepri tetap melibatkan dan berkoordinasi dengan Pemko Tanjungpinang perihal perencanaan ini.

“Siapa bilang kita tidak akan melibatkan Pemko Tanjungpinang. Kita sudah mengarahkan Asisten I, Asisten II hingga Kadis Pekerjaan Umum untuk selalu koordinasi terkait perencanaan ini,” ungkapnya.

Seusai Rapat Koordinasi Internal Pemprov Kepri, terlihat juga Anggota DPRD Kepri dari Komisi II Ing Iskandar Syah, pejabat Pemprov Kepri lainnya serta Kepala Bidang Perekonomian pada Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kota Tanjungpinang, Zulhidayat. Namun tidak

(Iskandar)

Baca juga :

Top