Pemko Tanjungpinang Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

H. Lis Darmansyah, SH, Walikota Tanjungpinang, menyalami komandan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, (01/10).

H. Lis Darmansyah, SH, Walikota Tanjungpinang, menyalami komandan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, (01/10).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Mengenang hari bersejarah 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pemerintah Kota Tanjungpinang, menggelar Upacara untuk memperingatinya. Upacara dipimpin langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, (01/10) pagi.

“Tahun 2015 ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema “Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila”. Tema tersebut berlatar belakang dari pemahaman tentang nilai-nilai historis dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bagi seluruh warga negara Indonesia agar mengimplementasikan nilai-nilai pancasila itu dalam kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,dan sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menjunjung tinggi dan setia kepada pancasila, karena pancasila itu adalah dasar negara kita “. Ucap Lis, saat membacakan sambutan tertulis dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Lanjut Lis, sejatinya pasang surut implementasi nilai-nilai pancasila merupakan cerminan dari pasang surutnya kehendak kita untuk berjuang bersama, karena pancasila adalah semangat untuk bergandengan tangan menuju cita-cita besar yang telah ditancapkan di bumi pertiwi, semangat gotong royong yang menjadi ciri khas negara, bisa menyatukan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan bagi seluruh bangsa Indonesia, untuk berjuang menuju Indonesia maju dan sejahtera.

Usai membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM. Tak lupa Lis menghimbau kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk selalu waspada dengan kondisi udara yang saat ini kurang sehat, akibat kabut asap, “Kepada Bapak/Ibu ASN, maupun honorer, apabila bapak/ibu memiliki anak yang masih sekolah, untuk terus memantau anak-anaknya, mengingat kondisi udara yang akhir-akhir ini kurang baik, jadi bapak/ibu harus bisa mengambil sikap situasional,” pesan Lis.

Mengenai kondisi krisis air yang terjadi di Kota Tanjungpinang, Kata Lis, bagi aparatur pemerintah yang melihat langsung daerah yang mengalami kekurangan air, untuk segera memberikan informasi kepada BPBD dan dinas kebersihan, pemerintah dengan segala kemampuan akan mensuplay air bersih, bagi rumah-rumah warga, terkecuali perumahan-perumahan mewah, tidak kita suplay.

Terkait pilkada mendatang, Lis minta kepada seluruh ASN untuk menjaga situasi dan kondisi, jangan sampai terlibat politik praktis, akan tetapi sebagai warga negara yang baik, gunakan hak pilih pada pilkada mendatang.

Kabar gembira pun tak lupa Lis sampaikan, bahwa besok, pemerintah Kota Tanjungpinang akan menerima penghargaan dari Menteri Keuangan, “Atas kinerja transparasi keuangan dan kita bisa  meraih penghargaan predikat WTP. Penghargaan ini merupakan kerja keras dari kinerja bapak/ibu semua, untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh ASN dan honorer, atas kinerja yang baik, semoga kedepan kinerja kita dapat terus kita tingkatkan,” tutup Lis.

Pelaksanaan upaca tersebut dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, jajaran pejabat, Kepala SKPD, Camat, Lurah, ASN, maupun honorer dilingkungan Pemko Tanjungpinang.(Hum/Red)

Baca juga :

Top