Pemko Batam Luncurkan Aplikasi Layanan Online Bagi Masyarakat

Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim. Foto: Istimewa.

Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim. Foto: Istimewa.

Batam, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan aplikasi pelayanan perizinan secara online.

Portal dengan konsep Batam Excellent City ini tak hanya bisa dimanfaatkan masyarakat Batam untuk mengajukan berbagai perizinan, tapi juga sebagai sarana memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan.

Layanan dalam jaringan ini sudah berjalan dan bisa diakses masyarakat melalui situs madani batam.go.id, namun belum dilaunching secara resmi.

“Melalui madani.batam.go.id ini masyarakat juga bisa mengakses media informasi yang disediakan pemerintah. Seperti masuk ke web resmi Pemko Batam yakni batam.go.id, Media Center Pemko Batam, sistem informasi geografis Kota Batam, serta CCTV pengawasan lalulintas Kota Batam,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim, Kamis (16/3).

Adapun layanan yang bisa masyarakat dapatkan melalui aplikasi ini antara lain Aplikasi Online Kecamatan (APOK), terdiri dari kartu pencari kerja, surat keterangan domisili usaha, domisili sekretariat, dan surat keterangan catatan kepolisian.

Pada bidang kependudukan, pengurusan akta kelahiran dan kematian pun semakin mudah. Cukup mendaftar secara online, lalu mengambil akta cetaknya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Di Bidang Pendidikan untuk penerimaan murid baru juga akan online. Selama ini sudah berjalan. Hanya belum disiapkan dalam satu layanan portal seperti ini. Untuk di portal ini efektif penerimaan siswa Juni nanti,” katanya.

Kata Salim kemudahan juga diberikan untuk kendaraan umum yang ingin melakukan uji KIR. Pendaftaran nantinya juga bisa dilakukan secara online. Setelah dapat formulir, tinggal datang ke Dinas Perhubungan untuk lakukan cek fisik kendaraan.

“Pendaftaran pasien RSUD Embung Fatimah juga bisa dilakukan secara online melalui website ini. Jadi sebelum ke rumah sakit, daftar online dulu. Setelah pilih dokter, dapat jadwal jamnya, daftar. Setelah itu tinggal datang, tak perlu antri,” tutur Salim.

Sementara, perizinan di DPM PTSP saat ini yang sudah siap adalah pengurusan TDP dan SIUP. Katanya Ada 50 aplikasi lagi yang akan menyusul kemudian.

Masyarakat juga bisa mengakses berbagai informasi mengenai pemerintahan yang sifatnya satu arah melalui situs ini. Seperti e-musrenbang, e-planning, e-budgeting, e-performance, dan e-monev.

Salim mengatakan aplikasi ini sebagai bentuk perwujudan transparansi di Program Pemerintah Kota Batam sekarang.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa pelayanan sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat,” katanya di Batam.

(Efendy Tampubolon)

Baca juga :

Top