Pemkab Natuna Berwacana Bangun Bandara Bertaraf Internasional

Kadishub Natuna, Iskandar, S.Sos. MA.

Kadishub Natuna, Iskandar, S.Sos. MA.

Natuna, LintasKepri.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna tampaknya tidak main-main dengan wacananya, untuk membangun bandar udara (Bandara) sipil bertaraf Internasional. Pasalnya, proses dan usaha terus dilakukan, agar Bandara yang menjadi impian bagi seluruh masyarakat Natuna itu, dapat terwujud.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Natuna, Iskandar, S.Sos.MA. Menurutnya, wacana tersebut telah lama didengungkan oleh Pemkab Natuna.

Saat ini, kata Iskandar, pihaknya baru sebatas melakukan survey lokasi yang strategis, yang layak untuk dibangun Bandara Internasional.

“Ini baru tahap survey saja. Nanti kita bikin dulu FS nya, baru kemudian kita sampaikan ke Kementerian Perhubungan,” kata Iskandar, diruang kerjanya. Senin (08/01/2018) siang.

Wacana ini, lanjut Iskandar, merupakan upaya untuk mengantisipasi, jika kedepan Bandara Ranai yang ada saat ini, beralih fungsi menjadi pangkalan militer. Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, yang telah mencanangkan Natuna sebagai sentral pertahanan diwilayah perbatasan, baik itu laut, darat dan udara.

“Jika benar dijadikan pangkalan militer, agar nantinya tidak mengganggu aktifitas sipil, memang ada wacana untuk bangun Bandara baru bertaraf Internasional. Tapi ini baru pengajuan, realisasinya bisa 2 atau 3 tahun lagi,” jelasnya.

Kata Iskandar, dana untuk membangun jembatan udara sipil yang telah diwacanakan tersebut, akan diusahakan melalui dana APBN, melalui Kemenhub.

Iskandar membeberkan, lokasi yang akan dijadikan Bandara Internasional ini, yaitu antara Kelarik Kecamatan Bunguran Utara dan Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan.

“Masih kita kaji dulu, lokasi yang pasnya itu dimana. Kita akan study atau buat FS nya terlebih dahulu. Baik jangkauannya, KUP nya maupun lahannya, ini harus kita lakukan study. Karena ada daerah yang terlarang untuk aktifitas naik turunnya pesawat,” terang Iskandar.

Dengan adanya Bandara sipil bertaraf Internasional, diharapkan mampu menekan harga tiket pesawat dari dan ke Natuna, yang saat ini masih berada dikisaran Rp. 1 juta lebih.

Selain mewacanakan Bandara baru, Pemkab Natuna juga akan mewacanakan pembangunan Pelabuhan Samudra, yang rencananya akan dibangun didaerah Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top