'

Pemkab Bintan Sediakan Angkutan Gratis Anak Sekolah

Pemkab Bintan Sediakan Angkutan Gratis Anak Sekolah

Pemkab Bintan Sediakan Angkutan Gratis Anak Sekolah

Bintan, LintasKepri.com – Selain menggagas program masuk sekolah gratis, Pemerintah Kabupaten Bintan juga memfasilitasi peserta didik melalui program angkutan gratis bagi anak sekolah .

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir, mengatakan bahwa angkutan sekolah gratis sudah mulai berjalan di tahun ini.

Pemkab Bintan menyiapkan setidaknya 43 Bus sekolah dan 19 perahu bermesin bagi akses siswa yang berada di semenanjung pulau pesisir .

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan telah menyiapkan sekitar 43 Bus sekolah dan 19 kapal yang bisa digunakan sebagai sarana angkutan sekolah gratis supaya anak sekolah bisa fokus dalam pembelajaran sehari-hari,” ujarnya di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Bandar Seri Bentan, Senin.

Menurutnya program angkutan sekolah gratis yang digagas Bupati Bintan Apri Sujadi, dan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam tersebut tidak saja bertugas mengantar ke sekolah namun juga termasuk menjemput seusai habis jam belajar.

Sarana transportasi gratis ini juga berlaku untuk seluruh tingkat sekolah mulai dari SD, SLTP/MTS ataupun SMA/SMK se-Kabupaten Bintan .

“Sesuai arahan Bupati Bintan Apri Sujadi, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan melalui APBD Tahun 2017 telah menganggarkan Rp2,3 Milyar bagi transportasi laut siswa sekolah gratis dan Rp7 Milyar bagi transportasi Bus gratis guna mensukseskan program transportasi gratis bagi siswa sekolah se-Kabupaten Bintan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Apri Sujadi saat mengunjungi Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Fastabiqul Khairat di Kelurahan Sei Nam Kecamatan Bintan Timur, Minggu (9/4) lalu mengatakan bahwa APBD tahun 2017 ini merupakan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) yang murni ia susun.

Gagasan itu merupakan program prioritas yang langsung menyentuh ke masyarakat.

“Haruslah terus dikedepankan pogram-program prioritas yang bermanfaat bagi masyarakat. Keberadaan Pemerintah Daerah melalui program-program bermanfaat haruslah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat . Mudah-mudahan program masuk sekolah gratis dan program sarana transportasi gratis bagi anak sekolah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bintan,” katanya.

Adapun 43 unit Bus sekolah gratis tersebut disebar di beberapa Kecamatan seperti Kecamatan Bintan Timur dan Utara, Kecamatan Teluk Sebong, Kecamatan Toapaya, Kecamatan Sri Kuala Lobam dan Kecamatan Teluk Bintan.

Sedangkan 19 Kapal bertonase 1-5 GT disebar bagi akses transportasi siswa sekolah dibeberapa pulau semenanjung pesisir seperti Kecamatan Mantang, Kecamatan Bintan Pesisir, Kecamatan Teluk Bintan dan juga Kecamatan Tambelan.

(wae)

Baca juga :

Top