'

Pemkab Akan Gelar Tour de Bintan

Tour de Bintan.

Tour de Bintan.

Bintan, LintasKepri.com – Pemerintah Kabupaten Bintan kembali akan melaksanakan kegiatan balap sepeda tahunan yang akan menggabungkan antara tantangan dan wahana yang ada di Pulau Bintan yaitu Tour de Bintan pada tanggal 3 sampai 5 Maret 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, dalam edisi ke-7 ini akan diikuti oleh 1100 peserta dari berbagai negara.

“Kita akan melihat persaingan sengit tak kurang dari 1100 pengendara sepeda dari seluruh dunia,” ucap Luki, Kamis (23/2) petang.

Seperti tahun sebelumnya, klasifikasi lomba adalah 17 Km Individual Time Trial, 140 Km Gran Fondo Klasik, dan 107 Km Gran Fondo Century.

Untuk setiap kategori pengendara sepeda dengan waktu akumulasi tercepat akan menjadi pemenang dan menerima Yellow Jersey.

Pembalap sepeda diumumkan menjadi pemenang dengan waktu tercepat. The Top-3 pengendara sepeda disetiap kategori usia akan menerima piala.

Semua pengendara yang melintasi garis finish dalam peloton yang sama akan dikreditkan dengan waktu finish yang sama. Pada setiap istirahat nyata, waktu baru dicatat.

Pengendara sepeda tim dapat memperoleh poin menuju peringkat tim dengan finish di Individual Time Trial, Gran Fondo Klasik atau Gran Fondo Century menyelesaikan top-5 atau top 25% dalam kategori usia akan mendapatkan lebih banyak poin.

The top-3 tim pria dan wanita dengan total poin tertinggi akan menerima piala.

Selain dari kompetitif ras Gran Fondo (ITT, Klasik, dan Century), akan ada juga 82 Km Gran Fondo Tantangan dan 55 Km Gran Fondo Penemuan.

Lomba ini juga, kata Luki, akan menampilkan keindahan beragam di Pulau Bintan mulai dari peregangan pantai melalui hutan dan bukit-bukit di bagian yang berbeda dari pulau, rute tour bervariasi sedikit setiap tahun.

“Tahun ini penyelenggara lomba Meta Sport telah merancang kursus Time Trial yang akan kick off aksi pada hari Jumat 3 Maret 2017 dengan garis start / finish di Plaza Lagoi wilayah Bintan Resort” paparnya.

Pembalap sepeda pada ajang Tour de Bintan.

Pembalap sepeda pada ajang Tour de Bintan.

Meskipun diakui Luki tidak ada tanjakan besar pada kursus ini, jurang datar dan diet konstan dekat perbukitan dan panas serta kelembaban akan menjamin hari epik menantang stamina mereka di pelana untuk semua pesaing.

Fitur yang menonjol dari program ini adalah terkenal “Jalan Merah” sektor yang datang hanya 22 Km dari pementasan awal di desa Simpang Lagoi.

Ini membawa pengendara di pantai melalui 13 Km pendek, tanjakan tajam jalan diukir melalui lanskap cantik di mana tanah merah dominan kontras jelas dengan hijau terang dedaunan terhambat.

Tour de Bintan akan menyimpulkan dengan Gran Fondo Century. Pagi perjalanan 107 Km Minggu pada tanggal 5 Maret melalui bagian barat laut pemandangan pulau.

Kursus kehormatan diharapkan akan diselesaikan cepat dan marah sprint sekelompok pada finishing ikon lurus ke garis Nirwana Gardens Finish.

Tour De Bintan ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi wisata di Kabupaten Bintan dan daerah yang hanya perjalanan feri satu jam dari sibuk perkotaan Singapura.

“Tetapi pada saat kedatangan, rasanya anda seperti telah melangkah ke dunia lain. Lanskap hijau subur, jalan tenang baik beraspal untuk naik, dan keramahan murah hati penduduk setempat memberikan kontras yang mencolok dengan keramaian dan hiruk pikuk kota besar,” katanya.

(Budi Arifin)

Baca juga :

Top