''

Pelaku Pembuat Uang Palsu Dibekuk Polisi

Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian Tengah saat Ekspos Uang Palsu Selasa (16/02)

Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian Tengah saat Ekspos Uang Palsu Selasa (16/02)

Tanjungpinang, LintasKepri.cm –  Tersangka pelaku pembuat dan pengedar uang palsu (Upal), Sopian (41), dibekuk  tim Buser Reserse dan Keiminal (Reskrim) Polsek Bukit Berstari, Minggu (14/02) malam.

“Tersangka ditangkap ketika  membeli rokok  disalah satu warung di jalan Ir Sutami disekitar Suka Berenang dengan pecahan Rp 100 ribu,” kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian saat jumpa Pers di Ruangan Rapat Utama (Rupatama), Selasa, (16/02).

kemudian, lanjut Kristian, sipemilik warung mencurigai uang  yang diterimanya itu palsu, kemudian melapor ke polisi.

kemudian kata Kris  setelah mendapat laporan, pihaknya langsung ke TKP dan langsung menangkap pelaku dan menggeledah rumah tersangka.

”Dari rumah tersangka, kita menyita uang palsu pecahan Rp 100 ribu dengan nilai total Rp 39.900.000 serta satu unit Printer yang diduga digunakan pelaku untuk mencetak Upal tersebut. Dari Pengakuan, tersangka telah mencetak Upal sebanyak  Rp 50 juta,” terang Kapolres.

Perbuatan tersangka Sopian dijerat dengan pasal 244 junto pasal 245 KUH Pidana, jo 36 ,jo 26 ayat 2 UU RI nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang RI dengan ancaman maksimal 15 Tahun penjara.(Aliasar)

Baca juga :

Top