''

Pelajar Tanjungpinang Diberi Pemahaman Bahaya Narkoba dan HIV AIDS

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang bahaya Narkoba dan HIV AIDS di pelataran gedung Gonggong.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang bahaya Narkoba dan HIV AIDS di pelataran gedung Gonggong.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Pendidikan Tanjungpinang memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS kepada pelajar se-Kota Tanjungpinang, Sabtu (19/11) pagi di pelataran Tourism Information Centre (TIC) gedung Gonggong Laman Boenda.

Kegiatan itu diikuti lebih dari 500 orang pelajar tingkat SLTP dan SLTA yang sebelumnya diawali dengan melaksanakan senam bersama.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memberikan pemahaman kepada para pelajar menerangkan bahwa peredaran narkoba bisa masuk diberbagai lingkungan, dan tidak menutup kemungkinan penyebarannya masuk ke lingkungan sekolah. Jika hal ini terjadi maka efeknya akan merusak anak bangsa.

“Masa remaja merupakan fase perkembangan diri, karena itulah bila anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka suram dan hancurlah masa depannya serta bangsa ini. Generasi muda harus kita lindungi dengan berbagai upaya, salah satunya melalui penyuluhan bahaya narkoba ini,“ ujar Lis.

Menurutnya penyalahgunaan narkoba berawal dari keinginan mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup. Hal inilah yang memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba, dan lebih gawat lagi, bila penggunaan narkoba dapat menularkan HIV/AIDS, karena pemakaian narkoba memakai jarum suntik secara bergantian.

“Adek-adek semua harus menjauhi narkoba, karena efeknya sangat berbahaya bagi diri sendiri, Stop Narkoba !!”, tegas Lis.

Selain itu, wali kota ini juga memberi motivasi kepada para pelajar, bahwa ada banyak cara untuk menghindari diri dari bahaya narkoba, yaitu dengan cara berprestasi dari bakat dan kemampuan yang dmiliki. Seperti hidup sehat dan bentengi diri dengan ilmu agama.

“Kalian adalah generasi yang cerdas, jauhi narkoba, teruslah berprestasi !!!,” ajak orang nomor satu di kota ini.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, bahwa narkoba sangat berbahaya untuk dikonsumsi dan efeknya sangat rentan terhadap pergaulan bebas.

Oleh karenanya perlu membentengi diri dengan ilmu agama, pergaulan yang positif, serta mencari informasi mengenai dampak buruknya yang akan timbul jika mengkonsumsi narkoba.

“Narkoba banyak menimbulkan kerugian, baik diri sendiri ataupun masyarakat, jauhi narkoba karena akan merusak masa depan,“ tegas Syahrul ditempat yang sama.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan Kepala Dinas Pendidikan HZ Dadang AG saat foto bersama.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan Kepala Dinas Pendidikan HZ Dadang AG saat foto bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ. Dadang AG menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman dan pencegahan terhadap bahaya narkoba dan HIV/AIDS sejak dini bagi para pelajar.

Hal ini dikarenakan, masa remaja adalah masa pubertas yang perlu diarahkan dan diberikan pencerahan.

“Sosialisasi ini dimaksud untuk memperluas informasi kepada para siswa dan siswi tentang bahaya narkoba yang mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda penerus bangsa,“ katanya.

Dikesempatan itu, Dadang juga mengingatkan kepada para guru untuk terus-menerus memberikan pemahaman dan pencerahan kepada anak didiknya di sekolah tentang bahaya narkoba.

Saat diberikan penyuluhan oleh wali kota, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Dinas Kesehatan tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS, para siswa dengan antusias menyimak materi yang diberikan. Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan pemberian doorprize menarik kepada para pelajar.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW, Juariah Syahrul, serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. (red/marshall)

Baca juga :

Top