'

Pastikan Kartu BPJS Kesehatan Anda Aktif Saat Mudik Lebaran

 

Kepala BPJS Kota Tanjungpinang, Nur Indah Yulianti bersama staf BPJS Kota dan pewarta dalam pemaparannya, saat membuka pers realease, di Kantor BPJS Kota Tanjungpinang, Rabu (29/6).

Kepala BPJS Kota Tanjungpinang, Nur Indah Yulianti bersama staf BPJS Kota dan pewarta dalam pemaparannya, saat membuka pers realease, di Kantor BPJS Kota Tanjungpinang, Rabu (29/6).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang mengimbau peserta BPJS Kesehatan untuk membawa kartu tanda peserta aktif saat mudik lebaran yang berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7.

“Pastikan peserta selalu membawa kartu JKN-KIS, Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS Kesehatan, Askes, Kartu Jakarta Sehat (KJS), dan Jamkesmas. Kartu peserta tersebut harus masih aktif,” kata Kepala BPJS Kota Tanjungpinang, Nur Indah Yulianti dalam pemaparannya, saat membuka pers realease, di Kantor BPJS Kota Tanjungpinang, Rabu (29/6).

Dia menjelaskan, prosedur pelayanan saat mudik, peserta diharapkan membawa kartu peserta. Kartu aktif tersebut sebagai wujud dalam memberikan pelayanan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan seluruh puskesmas tetap buka 24 jam. Hanya saja dihari libur pelayanan sampai jam 12.00 WIB.

“Sabtu dan Minggu sampai pukul 12.00 WIB. Sedangkan dihari libur untuk pelayanan rawat inap,” katanya.

Adapun puskesmas yang dimaksud oleh Rustam yakni Puskesmas Kampung Bugis, Pancur dan Pustu Batu 5.

“Buka 24 jam. Ada tim medis,” singkatnya.

Terkait peserta yang melakukan mudik antar pulau seperti menggunakan kapal Pelni ada petugas yang telah di tempatkan. Sedangkan pemudik yang menggunakan kapal Ferry ada petugas yang ditempatkan di pelabuhan.

“Jika dalam kondisi tidak sehat sebaiknya menunda keberangkatan,” imbaunya.

Selain itu, Dirut RSUD Tanjungpinang, Edi Sobri  mengatakan tetap ada dokter yang siaga (stand by) di rumah sakit.

“Artinya stand by on call siap datang , dan bukan berarti siaga 24 jam di RSUD Tanjungpinang,” ungkapnya.

Untuk pelayanan di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital), Haposan selaku perwakilan rumah sakit tersebut menjelaskan pelayanan tetap berjalan.

“Tidak ada hari libur di pelayanan rumah sakit,” tegasnya.

Pihak RSUP Kepri, Sunarto juga menjelaskan hal yang sama.

“Pelayanan tetap berjalan. Hari libur kita atur sesuai jadwal. Dokter tetap kita siagakan,” katanya.

Pihak Jasaraharja, Soni, yang juga ikut andil dalam hal ini menyebut bekerjasama dengan Pusbiddokkes Polri dengan menempatkan beberapa pos dalam memberikan pelayanan saat mudik berlangsung.

“Kita tempatkan beberapa titik pos dan petugasnya,” tutupnya. (Afriadi/red)

Baca juga :

Top