Nurdin Himbau Kibarkan Merah Putih Selama 5 Hari

Wakil Gubernur Provinsi Kepri H Nurdin Basirun

Gubernur Provinsi Kepri H Nurdin Basirun

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71, Gubernur Kepulauan Riau H.Nurdin Basirun menghimbau agar seluruh masyarakat, instansi pemerintah maupun lembaga swasta mengibarkan bendera merah putih selama 5 hari berturut-turut, mulai tanggal 14 Agustus sampai dengan 18 Agustus 2016.

Himbauan yang disampaikan Gubernur Kepri ini merupakan tindak lanjut atas surat dari Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia nomor: B.1652/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/05/16 tanggal 25 Mei 2016.

Selain menyampaikan tentang logo resmi peringatan HUT RI ke-71, surat dari Kemensetneg ini juga menjabarkan tentang pedoman peringatan HUR RI ke-71. Untuk lebih memeriahkan pesta peringatan HUT RI ke-71 kali ini, kepada pemilik kantor/rumah/ruko/toko/ bangunan juga diharapkan untuk memasang umbul-umbul /spanduk sebagai bentuk apresiasi semangat kemerdekan Republik Indonesia.

Berdasarkan surat dari Kemensetneg tersebut, selanjutnya Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun menindaklanjutinya dengan mengeluarkan surat edaran nomor 108/0879/SET tanggal 8 Agustus 2016 yang diedarkan kepada seluruh Bupati dan Walikota se Kepri, seluruh pimpinan dan instansi vertikal di Provinsi Kepri, serta seluruh kepala SKPD/Pimpinan BUMN/Bank/Organisasi di Kepri untuk melaksanakan apa yang tertuang dalam himbauan surat Kemensetneg tersebut.

“Mari kita meriahkan peringatan HUT RI ke-71 tahun ini di Kepulauan Riau. Ini adalah momentum bagi kita semua untuk membangkitkan nilai-nilai kebangsaan. Dimana para pejuang pada zaman dahulu telah mengorbankan harta dan nyawanya guna merebut kemerdekaan dari para penjajah. Dan sebagai penikmat kemerdekaan, mari kita jadikan momen HUT RI ini untuk bangkit dan mengisinya dengan pembangunan dan kegiatan-kegiatan positif,” ajak Nurdin.

Adapun tema HUT RI ke-71 tahun 2016, secara nasional adalah ‘Indonesia Kerja Nyata’. Sedangkan sub tema untuk Provinsi Kepulauan Riau adalah ‘Kerja Nyata untuk Mewujudkan Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang maritim“.

Disamping pengibaran bendera merah putih selama 5 hari berturut-turut, kita juga mendorong seluas mungkin prakarsa dan kreatifitas masyarakat dalam penyelenggaraan acara peringatan HUT RI kali ini, serta mengedepankan hiburan khas daerah. Sehingga hakekat peringatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat benar-benar bisa terwujud,” ujar Nurdin.

Tidak hanya sekedar mengenang jerih payah para pejuang. Momentum kemerdekaan ini juga diharapkan Nurdin bisa menjadi momentum sebagai sarana pendidikan dan hiburan rakyat. (Hum/Red)

Baca juga :

Top