Natuna Kurang Dokter Spesialis

Bupati Natuna, Hamid Rizal

Bupati Natuna, Hamid Rizal

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengeluhkan kurangnya dokter spesialis yang dimiliki daerah Kabupaten Natuna.

Dirinya menilai keberadaan dokter ahli atau spesialis sangat di butuhkan yang notabenenya sebagai daerah terluar dan jauh dari jangkauan pemerintah pusat.

Hamid membeberkan hal itu saat memberikan sambutan di kegiatan penyerahan CSR bantuan kacamata baca kepada siswa sekolah dari PT. Astra Internasional Tbk yang juga dihadiri oleh Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan dan Perwakilan PMI pusat, Rabu (11/1).

Bupati Natuna ini meminta agar Kementerian Kesehatan dapat mengirimkan dokter spesialis terbaik ke Natuna.

“Saya minta tolong kepada Kementerian Kesehatan untuk dapat mengirim dokter spesialis ke Natuna,” tegasnya.

Dengan adanya dokter spesialis di Natuna, sambung Hamid, pastinya harus ada tunjangan yang cukup besar untuk dokter tersebut.

“Jika tidak, mereka tidak mau tugas di sini,” nilainya.

Perlu diketahui, RSUD Natuna hingga kini belum memiliki tenaga ahli untuk penyakit yang membutuhkan penanganan khusus seperti penyakit jantung, kanker dan syaraf.

Sehingga pasien harus dirujuk keluar daerah, dan biaya rujukan bagi pasien yang menggunakan kartu jaminan kesehatan daerah (jamkesda), seluruh biaya pengobatan dan perawatannya di rumah sakit rujukan ditanggung oleh Pemkab Natuna.

Meski demikian biaya transportasi pasien ditanggung masing-masing pribadi.

Masyarakat berharap, kedepannya Natuna dapat memiliki dokter spesialis sendiri.

Sehingga mereka tak perlu lagi dirujuk keluar daerah. (Pian/Crm)

Baca juga :

Top