''

MTQ Ke VI Provinsi Kepri Resmi Dibuka

-Harapkan Qory dan Qoryah terbaik untuk MTQ Tingkat Nasional

Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak dan Kepala Daerah Se-Kabulaten/kota saat memukul bedug sebagai tanda pembukaan MTQ Ke-VI Provinsi Kepri, di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (21/5).

Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak dan Kepala Daerah Se-Kabulaten/kota saat memukul bedug sebagai tanda pembukaan MTQ Ke-VI Provinsi Kepri, di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (21/5).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Nurdin Basirun resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Kepulauan Riau Ke VI (enam) yang diselenggarakan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (21/5) malam tadi.

Pembukaan pertarungan para Qory dan Qoryah tingkat Provinsi Kepri tersebut dimulai dengan pemukulan bedug oleh Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan penyampaian laporan kegiatan dari Ketua Panitia Pelaksana, Reni Yusneli.

“Pada MTQ Ke VI Tahun 2016 ini mempertandingkan 283 Qory dan Qoryah dari lima Kabupaten dua Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, serta didampingi oleh masing-masing Oficer dan dan pendamping dari setiap daerah, yakni 44 Kafilah Tanjungpinang, 44 kafilah utusan Bintan, 44 Batam, 44 Karimun, 42 utusan Natuna, 31 Lingga, 34 utusan Anambas,” kata Ketua Panitia Pelaksana MTQ Ke VI Provinsi Kepri, Reni Yusneli dalam laporannya.

Reni juga menjelaskan, adapun pelaksanaan kegiatan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepri Tahun 2016 yang dimulai sejak tanggal 21 sampai dengan 28 Mei 2016.

“Kegiatan ini berdasarkan, Keputusan Gubernur Kepri Nomor 17 Tahun 2016, tentang penunjukan tata pelaksanaan MTQ VI tahun 2016, dan Surat Lembaga Penyelenggaran Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat nasional Nomor ST/01/XII/2015 18 Desember 2015 tentang ketentuan pokok MTQ Nasional ke 26 tahun 2016, serta Surat edaran lembaga pengembangan tilawatil Quran Provinsi Kepri 01/LPTQ/I tahun 2015, prihal Ketentuan Pokok LPTQ 2016 ke enam,” jelasnya.

Dalam perlombaan MTQ Ke VI diikuti 7 cabang dan 21 perlombaan dalam kategori golongan anak, remaja dan dewasa, dilaksanakan di berbagai tempat yang ada di Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan syukur kepada Allah SWT, dan almarhum Gubernur Kepri sebelumnya, HM Sani yang telah berupaya mewujudkan terselenggaranya kegiatan ini.

“Kembali kita mengenang jasa almarhum bapak HM Sani yang berupaya menjadikan kegiatan ini sebagai kebanggaan masyarakat Kepulauan Riau, semoga jasanya diterima di sisi Allah SWT,” tuturnya yang kemudian mengajak masyarakat yang hadir pada waktu itu untuk membaca surat Al-Fatihah.

Nurdin juga berharap kepada kalangan muda saat ini yang terjebak dalam situasi dan pergaulan yang tidak terarah dapat berfikir normatif dan memperkuat keimanan setelah mengikuti dan menyaksikan kegiatan MTQ ini.

Harapan Nurdin kepada para Tilawah yang nantinya menang dalam perlombaan ini dapat bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan Provinsi Kepri pada MTQ tingkat nasional nantinya.

“Saya dan mayarakat Provinsi Kepri berharap, para Qory dan Qoryah dapat meraih juara nantinya di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 yang akan digelar di Mataram, Pulau Lombok, NTB, pada 30 Juli 6 Agustus 2016 mendatang,” ungkapnya.

Setelah rangkaian MTQ Ke-VI ini, kata Nurdin, dirinya berencana akan menggelar khataman Al-Quran dengan sekala besar, ia berharap itu dapat terwujud nantinya.

“Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Kepri berencana akan melakukan kataman seribu Hafiz dan Hafizah se Provinsi Kepulauan Riau, semoga terwujudkan,” tukasnya.

Kemudian, setelah menyampaikan pidato sambutannya, Nurdin membuka secara resmi MTQ Ke VI tingkat Provinsi Kepri dengan pemukulan bedug, di dampingi seganap Kepala Daerah tingkat Kabupaten/kota, dan diikuti dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. (Aji Anugraha)

Baca juga :

Top