Meriahkan HUT ke-14 Kota Otonom, Pemko Gelar Pawai Budaya

Salah satu penampilan peserta pawai budaya, (27/10).

Salah satu penampilan peserta pawai budaya, (27/10).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang. Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar Pawai Budaya bertema ” Tanjungpinang Gemilang “, pawai budaya kreatif yang berlangsung di kawasan Tepi Laut Tanjungpinang, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Kota Tanjungpinang, Selasa (27/10).

Pawai yang dimulai pada pukul 14.00 WIB itu, dimeriahkan dengan barisan devile dari jajaran pejabat, Instansi pemerintah,  kepala SKPD, Camat, Lurah, Aparatur Sipil Negara, sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK se-Kota Tanjungpinang.

Tak hanya itu saja, pawai budaya juga melibatkan berbagai kelompok etnis yang ada di Kota Tanjungpinang, seperti paguyuban Melayu, Jawa, Padang, Medan, serta Tionghoa, masing-masing menampilkan simbol budaya daerah.

Sepanjang jalan para peserta pawai menampilkan kreasi yang menarik dan unik serta mengandung makna tersendiri dari kemajemukan budaya Indonesia, mulai dari pencak silat, joget dangkung, reog, barongsai, drum band, hingga mobil hias yang dikreasi sedemikian rupa turut meramaikan pawai tersebut. Iringan musik pun tak henti menggema sepanjang jalan. Tak heran jika ribuan warga berdesak-desakan ingin menyaksikan meriahnya acara ini meski parade pawai budaya itu sempat  diguyur hujan deras.

Sebagai tuan rumah Jambore Pemuda Indonesia (JPI). Pawai budaya tahun 2015 ini, turut menampilkan kirab Budaya Pemuda Nusantara dari 34 Provinsi di Indonesia. Selama pelaksanaan pawai, masing-masing kontigen daerah menampilkan bentuk-bentuk pertunjukan seni istimewa didepan tribun kehormatan tempat Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan istri  Yuniarni Pustoko Weni, serta pimpinan FKPD, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dan pejabat lainnya menyaksikan pertunjukan pentas seni dan budaya.

Sebelumnya, Pawai Budaya tersebut, dilepas oleh Pejabat Gubernur Provinsi Kepri, Agung Mulyana di Pelataran Gurindam Square, kemudian iringan pawai bergerak pelataran Anjung Cahaya Tepi Laut Tanjungpinang.

Kemeriahan pawai budaya yang berlangsung hingga sore hari itu, tak mengurangi semangat dari ribuan peserta pawai, ini terlihat dari senyuman dan atraksi yang mereka tampilkan. Masyarakat pun tetap bersemangat menyaksikan parade mobil hias yang memperlihatkan uniknya keberagaman, kreasi, dan program pembangunan yang ada di Kota Tanjungpinang sampai akhir, meskipun mereka harus berdiri berjam-jam di pinggir jalan.

Pada barisan devile tampak Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, Lurah, turut berjalan memeriahkan pawai budaya itu.

Acara turut dihadiri pula, mantan Wakil Walikota Tanjungpinang, Edward Musali, Ketua LAM, Ka. Kemenang Kota Tanjungpinang, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famella Riono, serta tokoh masyarakat.(Hum/Red)

Baca juga :

Top